Bappeda Gelar FKP sebagai Tahapan Penyusunan RKPD

PANGKALPINANG –  Badan Perencanaan, Pembangunan, dan Penelitian Pengembangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bappeda Kep. Babel ) mengadakan Forum Konsultasi Publik (FKP) sebagai tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020, di Ballroom Gale-Gele, Pangkalanbaru, Bangka Tengah, Rabu (06/2/2019).

Kegiatan Forum Konsultasi Publik dimaksudkan untuk mendengarkan usulan dan masukan baik dari masyarakat/publik maupun dari organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai dasar dalam penetapan kebijakan publik yang tertuang dalam dokumen RPJMD. Dokumen RPJMD secara umum memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah dan kebijakan umum. Untuk itu dalam model FKP ini, Bappeda Provinsi Babel membuka sejumlah desk, yang tujuannya agar masyarakat dapat memberikan usulan melalui desk yang akan dibuka perurusan.

“Forum ini sebagai upaya untuk membangun kerja sama dalam melakukan perencanaan kerja pemerintah provinsi untuk tahun 2020. Untuk itu, agar optimal usulan-usulan yang disampaikan dalam forum kosultasi dapat difasilitasi sesuai dengan koridor masing-masing sekaligus merupakan kegiatan awal dan menyusun rencana program kerja pemerintah daerah untuk tahun 2020 yang berkolerasi dengan RPJMD dan RPJMP,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi, saat membuka kegiatan.

Dalam kesempatan itu Sekda juga  menyampaikan deskripsi singkat terkait  sasaran yang menjadi dasar pertimbangan dalam penetapan  kebijakan program prioritas kegiatan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk tahun 2020 yang diarahkan untuk peningkatan kualitas SDM. 

Selain peningkatan kualitas SDM, lanjut Sekda, sasaran kebijakan program prioritas juga dimaksudkan guna mendorong  percepatan pertumbuhan pendapatan masyarakat lewat peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah dan menekan laju inflansi di daerah.

 “Untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tema prioritas program kerja pemerintah untuk tahun 2020 yaitu meningkatkan kualitas SDM, namun demikian saya juga menyampaikan kinerja yang sudah pemerintah daerah lakukan bekerjasama dengan institusi yang ada di Babel dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah, menekan laju inflansi di daerah, dan membangun jaringan kerja sama,“ ungkap Sekda.

Dia menambahkan, untuk tahun 2020, fokus utama dari rencana kerja Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diarahkan pada beberapa program  prioritas yang telah disepakati dalam RPJMD, yaitu pengembangan pembangunan sektor agropolitan, sektor kesehatan, sektor pendidikan, serta tata kelola birokasi dan layanan publik.

FKP ini juga dihadiri Kepala Perwakilan BI Wilayah Bangka Belitung Tatan Heroika, Kepala BPKP Perwakilan Wilayan Babel, Kepala Bappeda Babel, Fery Insani, serta kepala OPD serta pejabat perencanaan OPD tingkat provinsi/kabupaten/kota dan organisasi masyarakat.

 

 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Dokumen Bappeda Babel
Editor: 
Mamaq