Bazar dan Operasi Pasar 2019 di Kodim Bangka, Dipenuhi Pengunjung

PANGKALPINANG - Lapangan Kodim Bangka, Pangkalpinang (Rabu, 10/04) dipenuhi pengunjung yang berdominan ibu-ibu, pasalnya Bazar dan Operasi Pasar 2019 kembali diselenggarakan oleh Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 
Bekerjasama dengan Anggota Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana, kegiatan bazar ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke 73 Persit kartika chandra kirana dan HUT BUMN sekaligus Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).
 
Ibu Lenny Dadang, Istri Komandan Korem 045 Gaya didampingi Ibu Wenny Rizky Budianto (Isri Dandim Bangka) dan Ibu Bettywati (Istri Dandim Bangka Barat) ditemui saat berkeliling dikeramaian bazar, mengatakan bahwa
kegiatan ini bermaksud meringankan masyarakat agar bisa membeli kebutuhan pokok dengan harga murah sekaligus bersosialisasi dengan masyarakat dan ibu ibu anggota TNI di Babel. 
 
Ibu Lenny berharap, dengan adanya Bazar seperti bisa membantu meringankan ibu-ibu dalam persiapan menghadapi puasa. Selain itu meningkatkan silahturahmi, kekompakan dan kebersamaannya agar Persit lebih baik lagi dengan menigkatkan kreasi dalam membantu tugas-tugas suami sebagai TNI. 
“pihak-pihak yang terlibat dalam persiapan Bazar ini diantaranya Dinas Pangan Babel dan Dinas Perindag Babel serta Darma Pertiwi dan sebagai peserta adalah masyarakat sekitar”, jelasnya. 
 
“Anggota Persit khususnya di Babel,supaya lebih solid, perduli sekitar dan masyrakat serta semangat dalam membantu tugas suami” tambahnya menghimbau kepada istri anggota TNI di Babel. 
 
Kegiatan ini merupakan agenda rutin Dinas Pangan Babel, setelah sebelumnya berkoordinasi bersama Ibu Persit Korem dan Kodim, maka disesuaikan dan disamakan jadwal pelaksanaan kegiatan ini agar ramai masyarakat pengunjung yang hadir.
Biasanya kegiatan serupa dilaksanakan setiap tahun menjelang bulan puasa atau memasuki Bulan Ruwah seperti saat sebagai bentuk fasilitasi pemerintah kepada masyarakat.
 
Dinas Pangan Babel  sendiri mengakomodir beberapa hal seperti, tenda, penyebaran brosur dan leaflet serta kerjasama dengan distributor yang telah bersepakat menentukan harga ecer tertinggi sehingga masyarakat mendapatkan harga beli dibawah harga pasar.
Harapan para distributor dan pedagang yang berpartisitipasi agar Bazar ini ramai pengunjung, membantu penjualan mereka sekaligus membantu masyarakat mendapatkan barang pokok yang lebih terjangkau.
Bahkan UKM lokal Pangkalpinang juga berkesempatan menjual hasil pangan lokal seperti, kerupuk kemplang, sirup jeruk kunci, beras aruk dan sebagainya dalam rangka tetap mengangkat kearifan lokal. 
 
“kami juga berharap dalam melaksanakan Hari Besar Keagamaan Nasional ini, masyarakat dapat terkurangi beban ekonomi khususnya menghadapi bulan puasa, jadi ini moment hadirnya Pemerintah untuk menyediakan barang-barang kebutuhan khususnya kebutuhan pokok,”ungkap Ibu Sri Rezeki, Kepala Bidang Ketersediaan Pangan saat diwawancarai.
 
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Fitra