Belitung Masih Kurang SDM Pemandu Wisata

Pangkalpinang – Rangkaian acara Rapat Koordinasi Pembangunan Kebudayaan dan Kepariwisataan Tahun 2014 akhirnya telah selesai dilaksanakan. Acara tersebut ditutup dengan Penandatanganan Kesepakatan pada hari minggu tanggal 9 Maret 2014.

Acara hari itu dimulai dengan pembahasan dari Kepala Bidang Pengembangan Kebudayaan Engkus Kuswenda, S.Pd . Beliau yang peduli dengan kebudayaan, merasa perlu untuk memasyarakatkan kembali budaya melayu agar tidak terlupakan dan tetap dilestarikan. Salah satunya dengan menghadirkan Mobil Bioskop Keliling. Mobil tersebut akan memutarkan film-film dokumenter yang berkarakter dari desa-desa, kampung-kampung. Untuk sementara kegiatan tersebut rencananya akan dimulai di Kabupaten Bangka.

Kepala Bidang SDM dan Kelembagaan M. Nasir, SH , turut menyampaikan mengenai SDM yang ada di Babel ini. Disbudpar Prov. Kep. Babel berencana akan mengajukan kegiatan di 2015 yaitu sertifikasi dengan uji kompetensi yang disesuaikan dengan kebutuhan di kabupaten/kota. Di Belitung sendiri ternyata masih kurang dalam sertifikasi pemandu pariwisata. Maka dari itu tour guide lokal perlu di aktifkan dan jumlah SDM nya perlu ditambah.

Dari Bidang Promosi, Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Pariwisata Drs. Muhamad Bayu menyarankan, untuk promosi bersama Pemprov, Pemkab dan Pemkot dapat memanfaat kan website Disbudpar di www.visitbangkabelitung.com . Selain website, dapat juga memanfaatkan Tourist Information Center (TIC) yang terdapat di bandara Depati Amir - Pangkalpinang dan bandara Hanadjoedin - Belitung.

Di akhir acara penutupan tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, bahwa Melalui forum seperti ini diharapkan akan ada sinkronisasi antara Pemprov dengan Pemkab dan Pemkot. Kemudian dalam pembahasan ini akan ada prioritas-prioritas yang diberikan kepada salah satu daerah, seperti Muntok. Karena rencananya akan diadakan event nasional disana sebagai salah satu bahan promosi yang baik untuk wisatawan lokal dan internasional. (K5/TMC)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Khalimo