Beltim Giatkan Budaya Membatik

Lalang - Ribuan Masyarakat Kabupaten Belitung Timur dan sekitarnya Tumpah Ruah menyaksikan Gebyar Pesona Batik Belitung Timur 2013 di Pantai Nyiur Melambai Desa Lalang Kabupaten Belitung Timur, kamis (10/10/2013) malam.

Antusias Puluhan para Peserta yachter Sail komodo 2013 dan Berjoget didepan Panggung dikala para artis pendukung mulai bergoyang dan bernyanyi.

Saat puluhan peserta yachter Sail komodo 2013 mulai berjoget didepan panggung terus menjadi pusat perhatian masyarakat yang hadir malam itu, tak kala menarik Gebyar Pesona Batik Belitung Timur dihibur Artis Pendukung ibukota seperti Seruni Bahar, Krisna Mukti dan Ananta Kusuma ikut memeriahkan acara Gebyar Pesona Batik Belitung Timur di Pantai Nyiur melambai Desa Lalang Kabupaten Belitung Timur.

Para peserta fashion show diikuti para bujang dayang Kabupaten Belitung Timur. Kegiatan yang dimotori oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung Timur melalui Dinas Kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Belitung Timur dan bekerja sama dengan sekolah model Esmod Jakarta.

Ketua Penggerak PKK kabupaten Belitung Timur Linda Juliastiani Basuri, menjelaskan Pengelolaan batik kabupaten Belitung timur dikelola oleh para Tim PKK sejak bulan Juni tahun 2012, Sanggar Batik yang beralamat di sekitar rumah kediamaan Bupati Belitung Timur.

Ini fashion show Batik Kabupaten Belitung Timur yang kedua kali diadakan, Ungkapnya, saat Gebyar Pesona Batik Belitun Timur 2013 di Pantai Nyiur Melambai Desa Lalang Kqbupaten Belitung Timur, kamis (10/10/2013) malam.

"Agar masyarakat sebagai pengumpul timah dan nelayan juga memiliki keterampilan, dengan keterampilan ini diharapkan akan merubah pola pikir dan perilaku masyarakat belitung timur untuk mengembangkan dan mengelola keterampilan membatik", tegasnya.

Ia mengatakan, dengan banyak peminat dari para turis terhadap Batik Beltim, ini merupakan salah satu, sebagai motivasi masyarakat untuk lebih mengelola batik beltim, kedua, agar Adanya generasi baru, lahirnya pembatik-pembatik baru, serta diharapkan para pelajar yang putus sekolah maupun masyarakat dapat mengambil peluang untuk membatik.

"perlunya bantuan dari pemda maupun dinas terkait, agar masyarakat lebih termotivasi dalam mempersiapkan diri untuk bekerja seperti membatik agar batik beltim ini terus berkembang", harapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Belitung Timur Basuri Thajya Purnama, menjelaskan bahwa Pariwisata adalah kunci pasca timah, setelah timah tidak ada, maka kehidupan masyarakat tetap akan sejahtera jika Pariwisata terus digiatkan dan kita harus mampu mengambil peluang seperti membatik.

"bagi masyarakat jika ada yang ingin membatik, maka saya persilakan untuk datang ke sanggar batik dan saya sangat mendukung sekali", ujarnya. (*nn/an/adit).

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi | Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Adi Tri Saputra