Besok, Pemprov Babel Distribusikan Alat Rapid Test ke Kabupaten/Kota

PANGKALPINANG - Untuk mendukung penanganan Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mulai Selasa (4/8/21) besok, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel akan mendistribusikan alat rapid test ke seluruh Kabupaten/Kota di Babel.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, saat menggelar Rapat Evaluasi Penerapan PPKM Level 4 secara virtual di Aula Makorem 045/ Garuda Jaya, Pangkalpinang, Senin (3/8/21).

"Pemprov. Babel siap memberikan bantuan alat rapid test . Alat ini akan kami sebarkan ke Kabupaten/Kota. Sekarang sedang disiapkan oleh dinas kesehatan (Dinkes Babel)," ujar gubernur.

Dengan adanya penambahan ketersediaan alat rapid test ini, menurut Gubernur Erzaldi, akan menambah jumlah tes harian di tiap wilayah untuk mengetahui jumlah kasus terkonfirmasi positif harian. Jika alat tersebut telah diterima, gubernur menekankan daerah segera melakukan testing .

"Adanya alat ini kan untuk melakukan tracing lebih banyak dan meningkatkan testing . Jadi perlu untuk menjadi perhatian Bapak/Ibu untuk direalisasikan dalam rangka penanganan Covid-19 ini," katanya.

Gubernur yang akrab disapa Bang ER ini mengungkapkan, jika alat rapid test selain bersumber dari pihaknya yang sedang diupayakan sebanyak 5.000, juga bersumber dari beberapa pihak yang telah bekerja sama dengan Pemprov. Babel. 

"Ada juga kita terima dari kawan-kawan sebanyak 7.000 yang langsung kita salurkan dalam rangka meningkatkan testing ," ujarnya.

Pemprov. Babel, ditambahkan Erzaldi akan mengutamakan penyebaran alat rapid test ke daerah-daerah yang berada di Level 4 PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) terlebih dulu. Hal ini sebagai upaya menurunkan status PPKM di daerah-daerah tersebut.

"Tetapi kita akan mengutamakan dulu alat ini ke Belitung, Belitung Timur, dan Bangka Barat, karena mereka harus melakukan tes minimal 400 per hari," kata gubernur.

Rapat evaluasi terhadap pelaksanaan PPKM Level 4 tersebut dihadiri Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi; Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat; Danrem 045/Garuda Jaya, Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto; Bupati/Walikota beserta Forkopimda dan OPD terkait di lingkungan Pemprov. Babel dan Kabupaten/Kota.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rangga
Fotografer: 
Saktio
Editor: 
Lisia Ayu