Besok Rakor Diskominfo se Babel, Sudarman: Merealisasikan Industri 4.0

PANGKALPINANG -- Sudarman Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, untuk mempercepat peralihan teknologi informasi dibutuhkan kebijakan regulasi di bidang IT, SDM, peralatan dan anggaran yang optimal. Semua ini bermuara pada program berbasis teknologi informasi.

Kebijakan anggaran yang ada, baik di kabupaten/kota dan provinsi harus maksimal, bukan minimal. Dikatakan Kadiskominfo Sudarman, sehingga basis menuju industri 4.0 dapat terealisasi dengan baik. Taksiran minimal yang diharapkan anggaran IT sekitar lima persen dari APBD, saat ini anggaran tidak sampai 0,5 persen dari APBD.

"Sinergitas program sangat dibutuhkan guna mendekatkan masyarakat dengan teknologi," kata Kadiskominfo Sudarman, Selasa (12/2/2019). Rakor Diskominfo se Babel tahun ini mengusung tema, Peningkatan Akses Masyarakat Terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Sinergitas Program Bidang Kominfo Pusat dan Daerah.

Teknologi sudah mengubah pola hidup masyarakat. Kadiskominfo Sudarman mengatakan, teknologi bisa menghilangkan batas ketika ingin berkomunikasi. Sebab kini jarak bukan lagi kendala untuk menjalin komunikasi. Ini semua karena perkembangan teknologi yang sangat luar biasa.

Perkembangan tersebut diikuti dengan perkembangan dalam dunia pemerintahan, pelayanan publik e-goverment hingga sektor ekonomi dan bisnis. Menurut Kadiskominfo Sudarman, sekarang ada transaksi perdagangan e-business. Begitu juga di sektor perbankan ada namanya transaksi perbankan e-banking.

Perkembangan di bidang pendidikan juga mengikuti kemajuan teknologi. Jika dulu sistem ujian nasional masih menggunakan kertas, namun sekarang tidak lagi. Pelajar sudah menjalani ujian nasional berbasis komputer. Kemajuan ini tentunya berdampak baik dan perlu mendapatkan dukungan semua pihak.

"Perkembangan teknologi membuat masyarakat membutuhkan informasi dan komunikasi. Pendekatan masyarakat berbasis teknologi diharapkan bisa mengarahkan penggunaan teknologi untuk kepentingan positif," harap Kadiskominfo Sudarman.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari