Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) Berbasis Akrual

Pangkalpinang- Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Provinsi Bangka Belitung bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian Ekonomi Pembangunan dan Pemerintahan (LKBP) menyelenggarakan Kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) Berbasis Akrual. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan pelaporan operasional sehingga data yang dihasilkan dapat langsung di-upload dan diterima oleh Kementerian Keuangan di Jakarta.

Bertempat di Hotel Santika Pangkalan Baru Bangka Tengah, bimtek ini dilaksanakan mulai dari tanggal 23 sampai dengan 24 Maret 2015. Sebagai narasumber, praktisi ahli dari Lembaga Pengkajian Ekonomi Pembangunan dan Pemerintahan (LKBP) Bambang Siswantoro dan Pungkas Widiyantoro memaparkan materi, antara lain penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Sistem Akuntasi pemerintah dan Implementasi Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Daerah Berbasis Akrual.

Peserta bimtek terdiri atas semua pejabat penatausahaan keuangan, bendahara penerimaan dan pengeluaran SKPD, serta pegawai yang melaksanakan tugas pokok dan fungsi pelaporan keuangan SKPD yang berada di lingkungan pemerintahan Provinsi Bangka Belitung. Tommie Patria, Kepala Sub Bagian Keuangan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Provinsi Bangka Belitung berharap kegiatan ini dapat segera diimplementasikan pada Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) setiap SPKD secara terpadu sehingga mempermudah koordinasi Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Provinsi Bangka Belitung sebagai leading sector SIPKD. (DPPKAD)

Sumber: 
DPPKAD Babel
Penulis: 
Lisia Ayu Andini
Fotografer: 
Fatwa Omaya
Editor: 
Adinda C