Biro Organisasi Sampaikan Indikator Kinerja Individu Menjadi Reward dan Punishment Bagi ASN

Pangkalpinang – Penerapan Indikator Kinerja Individu (IKI) pada Aparatur Sipil Negara memiliki keterkaitan dengan SKP dan CKHP, hal ini memerlukan penjabaran yang runut terkait dengan visi dan misi gubernur, agar diterjemahkan oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah melalui Indikator Kinerja Utama (IKU), yang berlanjut pada Renstra dan kegiatan-kegiatan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Organisasi Setda Babel, Harrie Patriadi dalam Rakor Penerapan IKI di Ruang Romodong Kantor Gubernur, Selasa (6/8). Indikator kinerja ini terkait kepada ASN agar mendapatkan tunjangan kinerja.

“Kita akan membuat setiap pegawai ASN menyusun sesuai dengan kinerja nya dan tidak gagal dalam perencanaannya. Sehingga diharapkan IKI dibuat secara sederhana dan dapat dicapai,” ujar Harrie.

Dalam menuangkan IKI kedalam SKP, dilakukan melalui aplikasi yang sudah dimiliki oleh pemprov. Besar kecilnya tunjangan akan dipengaruhi oleh kinerja masing-masing individu. SKP yang saat ini sudah dibuat oleh masing-masing ASN masih belum mengakomodir IKI, yang ditarik dari SKP atasan langsung / cascading pohon kinerja masing-masing OPD.

“Kenapa kita harus segera menyusun IKI ini?  Karena merupakan salah satu rekomendasi dan evaluasi dari Kemenpan, yang akan menjadi reward dan punishment,” kata Kabag Pengembangan Kinerja Biro Organisasi Setda Pemprov Babel, Wardati.

Untuk penulisan IKI bagi Jabatan Fungsional, Wardati menjelaskan, para fungsional tersebut selain mengerjakan tugas kinerja bagian nya sendiri, maka juga mengambil sebagian kinerja dimana fungsional tersebut dinaungi.

“Apabila posisi Jabfung tersebut berada dibawah eselon IV, maka Jabfung tersebut akan mengerjakan tugas nya sendiri sebagai fungsional, namun juga mengambil sebagian kinerja eselon IV. Apabila dibawah eselon III, maka akan mengambil sebagian kinerjanya Eselon III. Dan begitu seterusnya,” jelas Wardati.

Dengan ini pemprov sedang berusaha melakukan perubahan, dengan memperhatikan tugas pokok dan tugas tambahan untuk menjadi indikator dalam penilaian.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Fitra