BKN Jamin Perekrutan CPNS Bersih

Pangkalpinang – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjamin proses perekrutan CPNS menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) terbebas dari tindakan KKN. Pasalnya sistem tersebut tidak bisa diintervensi untuk membuat seseorang peserta lolos kendati tak memenuhi skor penilaian yang telah ditentukan.

Eko Sutrisno Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjelaskan, walaupun bisa dijamin tak ada intervensi dalam meluluskan peserta tes CPNS, namun sistem ini hanyalah komputer. Jadi sehebat apapun, tetap saja ada kemungkinan gangguan. Akan tetapi, setelah dua tahun menjalani tes menggunakan sistem ini tidak ada yang komplain.

“Kita membuat sistem ini setransparan mungkin. Usai mengikuti tes, peserta langsung dapat melihat hasilnya. Jadi tidak perlu menunggu satu atau dua bulan,” tegasnya didampingi Pramono Widyo Utomo Kepala Kantor Regional VII BKN Palembang dan Haryoso Kepala BKD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat jumpa pers di Ruang Pertemuan Kantor Gubernur, Kamis (30/10/2014).

Menyinggung mengenai manfaat pendaftaran CPNS menggunakan sistem online dengan melampirkan nomor induk kependudukan (NIK) dan terpusat di panselnas, Ia menjelaskan, jika tidak menggunakan sistem tersebut, peserta dapat melakukan pendaftaran CPNS didua tempat. Dan hal ini dapat mengakibatkan terjadinya kekosongan formasi.

“Contohnya, jika pelamar mengikuti tes didua tempat, lalu peserta tersebut lulus di kedua tempat tersebut. Tentunya harus memilih salah satu tempat, sehingga tempat yang lainnya menjadi kosong,” tegasnya.

Sistem ini cukup akuntabel. Menurutnya, soal yang ada pada sistem ini dibangun oleh ahli-ahli dari perguruan tinggi. Bank soal yang telah terbangun terlebih dahulu dilakukan validasi dan diujicobakan di semua perguruan tinggi negeri. Jadi sistem aplikasi CAT ini dibangun dengan sangat mudah digunakan, cepat, akuntabel dan transparan. Orang lain yang tidak sedang mengikuti tes bisa melihat langsung hasil tes peserta yang sedang berlangsung.

“Jadi Anda melihat langsung hasil tes tersebut. Tak hanya itu, BKN juga menjamin tidak akan terjadi kebocoran soal. Ada puluhan ribu soal disiapkan, dan saat master soal di bawa ke provinsi tidak ada yang bisa melihat soal tersebut jika tidak dibuka oleh tim nasional,” paparnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adi Tri Saputra | Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari