BKPSDMD Babel Terima Visitasi Tim Akreditasi LAN RI

Pangkalpinang – Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BKPSDMD Babel) menerima Tim Akredasi LAN RI guna memverifikasi data organisasi dan program serta pengelolaan program diklat, untuk Pelatihan Dasar CPNS, di Aula Natar Praja, BKPSDMD Babel, Selasa (7/10).

Kepala BKPSDMD Babel diwakili Sekretaris, Umi Kalsum mengatakan bahwa sebagai Provinsi yang tergolong muda, Bangka Belitung masih membutuhkan dukungan yang besar dalam peningkatan kompetensi ASN. 

“Mohon kepada Tim Akreditasi untuk dapat memberikan bantuan, pembinaan dan juga arahan terhadap kekurangan-kekurangan yang mungkin masih ada di BKPSDMD Babel ini. Untuk Provinsi yang masih beranjak remaja, yakni 19 tahun di tahun ini, tentu saja kami masih sangat membutuhkan pembinaan dan dukungan untuk meningkatkan kompetensi para ASN di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Umi dalam sambutannya.

Sementara, Kepala Pusat Teknologi Pengembangan Kompetensi LAN RI, Muhammad Firdaus selaku asesor mengatakan bahwa LAN RI merupakan lembaga yang memiliki amanah untuk memastikan penyelenggaraan pengembangan kompetensi SDM.

“Kami di LAN RI mendapatkan amanah dari Undang-undang untuk memastikan bahwa penyelenggaraan pengembangan kompetensi itu tidak hanya dilakukan secara kuantitas tapi juga kualitas. Bahwa pegawai ASN kita mendapatkan pengembangan kompetensi yang sebaik-baiknya. Dan visitasi ini adalah salah satu dari rangkaian dari proses akreditasi dalam rangka penjaminan mutu tersebut,” jelas Muhammad Firdaus.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa selain menjadi media silahturahim, visitasi juga merupakan upaya konfirmasi dokumen yang dibutuhkan dalam akreditasi. 
 
“Visitasi ini bukan mencari apa yang kurang, tapi justru untuk silahturahim. Kami mencoba mengkonfirmasi beberapa hal dari dokumen yang kami peroleh, agar tidak terjadi kekeliruan. Sehingga kalau kita datang langsung, interview, melihat dan sebagainya, bisa menjadi lebih jelas,” ungkapnya.

Selanjutnya, sebagai salah satu lembaga terpercaya Negara yang telah memperoleh 12 kali WTP, LAN RI berusaha selalu melakukan penilaian dengan cermat.

“Tim Akreditasi berusaha memberikan masukan-masukan, jika terdapat hal-hal yang masih kurang atau juga yang berpotensi. Kita akan melakukan penilaian seobyektif mungkin. Sebagai lembaga Negara yang sudah 12 kali memperoleh WTP, kami juga diaudit oleh BPK, misal suatu lembaga terakreditasi A, apakah dokumen-dokumennya memang sudah terverifikasi untuk perolehan nilai A tersebut,” jelasnya.

Visitasi dilaksanakan selama 2 hari diisi dengan wawancara dan meninjau sejumlah fasilitas yang ada di BKPSDMD Babel. Wawancara dibagi dalam 3 kelompok; Kelompok I Pengelola, Penyelenggara, PIC SIPKA; Kelompok II Widyaiswara, Komisi Penjamin Mutu dan Kelompok III Alumni Program Diklat.

Lima Orang Tim Akreditasi LAN RI tersebut antara lain, Muhammad Firdaus (asesor), Budiarjo (asesor), Bambang Suhartono (asesor), Bimo Prakoso (sekretariat) dan Amelia Ayang Sabrina (sekretariat).
 

Sumber: 
BKPSDMD Babel
Penulis: 
Ernawati Arif