BMX Pangkalpinang Gelar Kejuaraan BMX Supercross

Pangkalpinang- Dalam Rangka Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 68, Komunitas Sepeda BMX Pangkalpinang akan menggelar kejuaraan balap sepeda BMX Super Cross 2013 pada hari Minggu tanggal 1 September 2013 Jam 09.00 wib, di Stadion Depati amir Pangkalpinang.

Total hadiah yang akan di perebutkan pada kejuraan BMX super cross sebesar 5 juta rupiah, Tropi, dan Piagam sertifikat. Tiga kategori perlombaan yang akan dilombakan, antara lain kategori Tingkat Sekolah dasar (SD), tingkat SMP, dan terakhir kategori tingkat SMA/umum dan dewasa. Setiap peserta diwajibkan menggunakan helm dan sepatu pada saat perlombaaan. Adapun biaya pendaftaraan sebesar 25 ribu rupiah untuk setiap kategori lomba.

Pihak panitia penyelenggara menargetkan pada kejuaraan BMX supercross kali ini dapat diikuti sekitar 200 orang peserta.

"Pada kotegori lomba tingkat pelajar Smp hingga hari ini sudah sekitar 60 orang pendaftar, pada kelas Sekolah dasar pendaftar sudah sekitar 30 orang, untuk kategori sma/ dewasa hingga hari ini yang mendaftar sudah sekitar 45 orang". Ungkap Refi selaku ketua BMX Pangkalpinang yang juga selaku panitia penyelenggara, di sirkuit lomba stadion depati amir pangkalpinang, sabtu (31/08/2013).

Nantinya para peserta akan melewati Sirkuit yang luasny sekitar 500 meter, dan sekitar 5 tikungan dan 5 tanjakan, sirkuit yang dilapisi tanah merah ini di sepanjang pinggiran sirkuit di tandai dengan ban bekas serta spanduk sebagai penunjuk landasan yang akan dilalui para pembalap nantinya.

Refi selaku ketua BMX Pangkalpinang mengatakan, hingga saat ini Komunitas Sepeda BMX Pangkalpinang yang beranggotakan 16 orang, basecamp atau tempat berkumpul para anggota BMX yang beralamat di jalan A. yani dalam sebelah rumah makan kapau, bengkel Hasbybike.

Panitia penyelenggara menyediakan 9 Piala dan satu piala untuk juara umum untuk diperebutka pada kejuaraan tersebut, tak hanya itu, selain Piala para pemenang akan mendapatkan uang pembinaan dan sertifikat. Untuk meraih juara umum, menurut refi, nantiny para peserta yang berhasil masuk menjadi juara 123 di masing- masing kategori lomba akan diikut lomba lagi untuk meraih juara 1 memperebutkan juara umum, ujarnya.

Ini pwrtama kalinya Bmx Pangkalpinang menggelar kejuataan balap sepeda bmx cross di bangka belitung, demgan terselenggaranya bmx supercross pertama kali di adakan di bangka belitung sebagai tahap memperkenalkan kepada masyarakat di Bangka Belitung.

"ni tahapan perkenalan agar org tahu seperti apa bmx super cross tu, mungkin selama ni orang banyak yg lum tau Seperti ap BMX supercross" kata refi.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adi Tri Saputra
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Adi Tri Saputra