BPHN : Manfaatkan Teknologi Informasi Agar Optimal

Pangkalpinang – Era modern seperti sekarang ini sudah sangat memanfaatkan teknologi untuk mempermudah aktifitas dalam berbagai aspek kehidupan. Teknologi Informasi sendiri, merupakan salah satu yang berkembang pesat dalam era modern.

Dalam memanfaatkan teknologi informasi agar optimal, maka Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) mengadakan Sosialisasi pelaksanaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) di Jajaran Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Babel dan Pemprov Babel. Acara tersebut dilaksanakan pada hari selasa 18 Maret 2014 di Hotel Aston Sol Marina Bangka.

Penyelenggaraan sosialisasi ini juga untuk memberikan pencerahan dalam memahami arti pentingnya peranan JDIHN yang telah lama dibina keberadaannya dan selalu diupayakan peningkatannya dimasing-masing anggota JDIHN.

Hadirnya JDIHN sebagai sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah dan cepat. Kemudian dari waktu ke waktu selalu diupayakan dapat dikelola dengan baik, sesuai dengan teknis pendokumentasian hukum yang telah ditetapkan agar dapat didayagunakan bersama dokumen hukum secara tertib.

Pada kesempatan tersebut, kata sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional DR. Wicipto Setiadi, S.H, M.H diwakili oleh Kepala divisi administrasi Dr. Dra Erni Widyastari, M.Si. Ia menyampaikan bahwa dewasa ini masyarakat semakin kompleks kebutuhannya seiring dengan dinamika perubahan kehidupan global yang cepat, sehingga tuntutan atas kepuasan dan kebutuhan informasi hukum menjadi semakin tinggi. Sehingga pengelolaan jaringan informasi ini pun berbeda dengan cara konvensional. “Oleh karena itu, forum sosialisasi ini perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk lebih memasyarakatkan dan memantapkan keberadaan JDIHN serta menyamakan persepsi agar terdapat kesamaan visi dan misi, sehingga pengelolaan JDIHN tetap dalam koridor kesisteman,” jelasnya.

Beliau pun berharap dengan melalui forum sosialisasi, Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung dapat lebih memahami tugas dan fungsi nya, serta meningkatkan perannya sebagai pusat layanan hukum terpadu (Law center) di wilayahnya. “Untuk itu perlu dijalin kerjasama dan koordinasi yang baik dengan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, Sekretariat DPRD serta perguruan tinggi bersama BPHN mewujudkan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum secara Nasional yang terpadu dan terintegrasi”, tambahnya.

Saat ini BPHN telah memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi berbasis web dan jaringan internet. Pada tahun 2012 BPHN telah meluncurkan database kompilasi Hukum Acara Pidana Indonesia yang dapat diakses melalui website www.bphn.go.id .

Acara Sosialisasi pelaksanaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) di Jajaran Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Babel dan Pemprov Babel ini menghadirkan dua orang nara sumber yaitu; Kepala Bidang Perpustakaan Hukum Omon, S.H, M.H dan Sugianta Mandala, S.H LLM.(K5/MC)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Khalimo