Bujang Dayang Bangka Belitung, Maruf dan Mia Raih Gelar Wakil I di Ajang Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2019

Bali -- Bujang Dayang Bangka Belitung 2019, Maruf dan Mia raih gelar Wakil I pada Ajang Pemilihan Duta Wisata Indonesia 2019 yang berlangsung , Sabtu (16/9) di Riverside Convention Center, Bali. 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Babel, Rivai mengatakan bahwa pencapaian Maruf dan Mia patut diapresiasi mengingat hasil  yang mereka peroleh bukan tanpa perjuangan.  

“ Kita bangga, Maruf dan Mia berhasil memperoleh gelar Wakil I pada pemilihan tahun ini. Kita memang sudah mempersiapkan mereka untuk mampu bersaing dengan peserta duta wisata dari 14 provinsi lain, tidak ada usaha yang sia- sia. Persiapan sudah dilakukan dua bulan sebelum ajang ini berlangsung” ujar Rivai, di ruang kerjanya. 

Sebagaimana diketahui, Ajang Duta Wisata tahun ini mengusung tema “ Everyone Is Tourism Ambasador”dan diikuti oleh 15 provinsi yakni Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bangka Belitung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Papua. Pada ajang kali ini, gelar Duta Wisata Indonesia 2019 di raih oleh Kalimantan Tengah, disusul peringkat dua dari Bangka Belitung dan peringkat ketiga dari perwakilan  dari Jawa Timur. Peserta telah mengikuti karantina mulai tanggal 12-16 November 2019 di The Cakra Hotel, Bali.

Lebih lanjut Rivai berharap Duta Wisata Bangka Belitung mampu mempromosikan potensi pariwisata khususnya Bangka Belitung sehingga tingkat kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung semakin meningkat. 

“ Gelar yang diperoleh Bujang Dayang Bangka Belitung sebagai Wakil I Duta Wisata Indonesia harus dapat diimplementasikan untuk memajukan sektor pariwisata di Bangka Belitung. Kembangkan kreatifitas untuk bisa mempromosikan potensi wisata daerah sampai ke mancanegara” kata Rivai.

Rivai berharap keberhasilan Bujang Dayang Bangka Belitung dapat menginspirasi dan memotivasi generasi muda di Bangka Belitung. Pemerintah Bangka Belitung terus akan mendukung potensi generasi muda yang berkomitmen untuk mendukung pariwisata Bangka Belitung. 

“ Kita berharap ini bisa menginspirasi generasi muda di Bangka Belitung untuk terus meningkatkan kompetensi dirinya. Slogan yang diusung tahun ini mengatakan bahwa setiap orang adalah duta wisata. Menjadi Duta Wisata tentu saja harus memiliki tanggung jawab utnuk ikut serta mempromosikan sektor pariwisata. Mereka adalah patner pemerintah dalam mendukung dan memperkenalkan potensi wisata daerah Bangka Belitung sampai ke tingkat internasional” ujarnya.

Sumber: 
Disbudpar Babel
Penulis: 
Imelda