Bulan Pengurangan Risiko Bencana, Suranto: Ini Perlu Dukungan Semua Pihak

PANGKALPINANG -- Suranto Wibowo Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap pelaksanaan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tahun 2019 didukung semua pihak. Salah satu bentuk dukungan penganggaran dari kabupaten/kota.

"PRB dilaksanakan di Babel, diharapkan mendapatkan dukungan pihak kabupaten kota," kata Suranto saat membuka Rapat Pemantapan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2019 di Ruang Romodong, Kantor Gubernur Babel, Selasa (23/7/2019).

Ini merupakan kegiatan baru. Suranto menambahkan, karena kegiatan ini sebelumnya tidak direncanakan tahun kemarin. Untuk itu, penganggarannya pada APBD perubahan. Kegiatan ini dipusatkan di Kota Pangkalpinang.

Kendati demikian, kata Suranto, ada juga kegiatan yang dilakukan di kabupaten seperti di Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Belitung. Dukungan sangat diharapkan, jika bisa kabupaten kota juga ikut menganggarkan.

"Akan dibahas rencana kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan nanti. Dukungan sangat diharapkan, karena acara ini berskala nasional," harap Suranto.

Sementara Kalakhar BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mikron Antariksa  menjelaskan, rencananya kegiatan ini dilounching 29 Juli mendatang dan kegiatan puncak Oktober nanti. Adapun tema kegiatan yakni, pengurangan risiko bencana berbasis kearifan lokal.

"Salah satu kegiatan yakni, penanaman pohon. Setiap provinsi membawa tanaman endemik daerah masing-masing untuk di tanam di Kelekak Nusantara," papar Mikron.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Editor: 
Padli