Cegah Penyakit Menular Menyerang Masyarakat

Pangkalpinang – Terdapat beberapa tips mengindari penularan penyakit yakni, mencuci tangan menggunakan sabun, makan seimbang, istirahat cukup, beraktivitas fisik, pikiran positif dan beribadah. Berbagai langkah dilakukan Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk melakukan sosialisasi tips tersebut, sehingga masyarakat terhindar dari penyakit menular maupun tidak menular.

Leni Rustam Effendi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, beberapa penyakit menular seperti ISPA, campak, diare dan DBD. Sedangkan penyakit tidak menular yakni, asma, penyakit jantung, diabetes dan terdapat beberapa jenis penyakit lainnya. Ini penting diketahui masyarakat dalam rangka menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga.

"Kita berharap masyarakat mendapat pengetahuan dan informasi tentang penyakit menular dan tidak menular," ungkapnya saat membuka acara Sosialisasi Penyakit yang Dapat Dicegah Pada Balita dan Lansia Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Hotel Puncak, Pangkalpinang, Rabu (29/4/2015).

Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkeinginan, melalui sosialisasi kepada seluruh Tim Penggerak PKK kabupaten/kota se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, masyarakat tidak lagi kekurangan pengetahuan dan informasi tentang penyakit menular dan tidak menular.

Pernyataan senada disampaikan Yuleni Mustafa Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Sosialisasi. Menurutnya, tujuan pelaksanaan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman, pengetahuan bagi kader kesehatan dan kader PKK mengenai penyakit-penyakit yang dapat dicegah pada balita dan lansia.

"Diharapkan selesai melaksanakan kegiatan sosialisasi ini, kader PKK kabupaten/kota bisa meneruskan dan menyampaikan kepada masyarakat di daerah masing-masing tentang penyakit-penyakit yang dapat dicegah pada balita dan lansia," tegasnya.

Bertindak sebagai narasumber kegiatan ini Bahuri Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) dan Eva Lusi Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Menular dan tidak Menular Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bahuri menjelaskan cara mengindari penyakit dengan mencuci tangan menggunakan sabun, makan seimbang, istirahat cukup, beraktivitas fisik, berpikiran positif dan beribadah. Tim Penggerak PKK dapat berperan menginformasikan kepada anggotanya di tingkat provinsi, kabupaten dan kota untuk mensosialisasikan cara-cara tersebut.

“PKK dapat mengajak dan mencatat mengenai penyakit yang bisa dicegah pada anak balita dan lansia," ungkapnya.

Ia menambahkan, penyakit merupakan suatu keadaan abnormal dari tubuh atau pikiran yang menyebabkan ketidaknyamanan, disfungsi atau kesukaran terhadap orang yang dipengaruhi. Penyakit menular di antaranya diare, DBD, chikungunya, malaria, filariasi atau kaki gakah, kusta, influenza/ISPA, gondokan, TBC dan HIV/AIDS.

Sedangkan penyakit tidak menular, jelasnya, seperti hipertensi, diabet, gagal ginjal, leukimia, jantung koroner, osteoporosis, katarak menopause, kanker dan masih banyak lagi. "Penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) yakni, tuberculosis, polio, difteri, tetanus, pertusis, hepatitis B dan campak," ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Chandra
Fotografer: 
Chandra
Editor: 
Huzari