Ciptakan Kondisi Kondusif di Bulan Ramadan

Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkomitmen menciptakan kondisi yang kondusif bagi umat Islam menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Keragaman umat beragama tak menghalangi hal tersebut, sebab tali silaturahim terus terjaga. Sehingga sesama umat beragama saling menghargai.

“Ciptakan kondisi yang kondusif di Bangka Belitung ini,” tegas Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung usai acara buka puasa bersama dengan H Dede Rusamsi Wakil Gubernur Lemhanas dan Personel Studi Strategis Dalam Negeri PPRA LI Tahun 2014 serta sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah provinsi, di Rumah Dinas Gubernur, Senin (30/6/2014).

Menurut Gubernur, acara buka bersama ini merupakan salah satu upaya untuk mempererat tali silaturahim. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat terus menjaga kondisi yang kondusif di Bangka Belitung. Persoalan ini juga menjadi salah satu pembicaraan antara pemerintah provinsi dengan kepolisian daerah.

“Sampai saat ini tidak ada konflik antar agama di sini,” jelasnya.

Usai buka puasa bersama menikmati takjilan, acara dilanjutkan dengan salat Magrib berjamaah. Bertindak sebagai imam yakni Sahirman, Kepala Inspektorat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sebagaimana diketahui, setiap tahun Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selalu mengagendakan kegiatan safari Ramadan. Tahun ini, kegiatan tersebut dimulai dari Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung –Mahligai Serumpun Sebalai–, dan seterusnya dilakukan keliling dari masjid ke masjid.

Terdapat beberapa masjid akan dikunjungi dalam acara safari Ramadan. Sejumlah masjid itu di antaranya, Masjid Al-Hidayah Gabek, Al Iklas Riau Silip, Al Musawwirul Ghofar Muntok, Jami'atul Khoir Desa Namang, Al Muttaqin Desa Sengir Payung, Al Muhajirin Tamansari.

Kemudian dilanjutkan ke Masjid Jami Nurul Huda Parit Padang, Al Barqah Desa Penyu Gantung, At Taqwa Dusun Semalar, An Ni'mah Pangkallalang, Nurul Hikmah Desa Aik Batu Buding Badau, Rumah Dinas Wagub, Masjid At Taqwa Jebus, At Taufik Pasir Garam Simpang Katis, Raudhatusolihin Desa Air Gegas dan terakhir di Rumah Dinas Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.(hzr/rf)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari | Rizky
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Huzari