Dari Mental Hingga Penyelenggaraan KUII 2020, Ini Pesan Asisten Tiga Setda Prov. Kep. Babel

PANGKALPINANG – Asisten Tiga Setda Prov. Kep. Babel Bidang Administrasi Umum, Darlan, ditunjuk menjadi pembina upacara di halaman Kantor Gubernur Kep. Bangka Belitung, Senin (24/2/20). Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan beberapa hal penting yang harus dilaksanakan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) Prov. Kep. Bangka Belitung (Babel).

Yang pertama mengenai perbaikan mental ASN Pemprov. Kep. Babel, kedua mengenai Kopri Pemprov. Kep. Babel yang telah mendirikan koperasi untuk menyejahterakan ASN, dan yang ketiga mengenai persiapan kegiatan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII).

Darlan menjelaskan bahwa dewasa ini kita kurang peka terhadap penyakit mental yang secara tidak langsung kita miliki. “Kita harus memperbaiki mental kita. Penyakit yang kita tidak sadari ini penyakit jiwa. Penyakit mental kita ,mental pegawai malas ,mental dak kawah nyusah, sombong, dak pacak di ajak kerja sama,suka gibah menjelekan orang lain. Nah, ini mental yang harus kita perbaiki, karena, dirinya tidak sadar kalau punya penyakit mental seperti itu,“ ungkap Darlan.

Menurut Darlan, untuk mengubah mental kita, hal yang harus kita ubah adalah niat. Niatkan bekerja untuk mencari ridho Allah Swt. Lalu, negara sudah menggaji kita untuk bekerja, pastikan untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan. “Nah, kalau kita bekerja ikut aturan, mudah-mudahan kita selamat sampai kita pensiun,” ungkapnya.

Selain menyampaikan tentang perbaikan mental ASN, Darlan juga menginformasikan kabar gembira bagi ASN Pemprov Kep. Babel. Bahwa, saat ini Korpri Pemprov Kep. Babel telah mendirikan sebuah koperasi.

“Koperasi ASN ini mewadahi semua pegawai kita,di situ ada usaha simpan pinjam,ada usaha untuk konsumsi, jadi kita nanti punya semacam mart. Di situ ASN bisa belanja ,termasuk juga punya SPBU kecil, jadi mobil pemprov ini bisa beli BBMnya di situ. Nanti keuntungan hasil usaha ini kembali kepada para anggota koperasi, sesuai tujuan di bentuknya koperasi ini untuk menyejahterakan anggotanya,” ungkap Darlan.

Pada kesempatan yang sama, Darlan juga menyampaikan informasi bahwa, dalam minggu ini dari tanggal 26 - 29 Februari 2020, Pemprov. Kep. Babel menjadi tuan rumah kegiatan akbar yaitu, Kongres Umat Islam Indonesia ( KUII ) VII. Kegiatan tersebut akan dihadiri oleh seluruh ulama Indonesia dan dari Asia Tenggara. Kurang lebih 1.000 orang ulama akan hadir dalam kegiatan ini.

Rencananya, tempat penyelenggaraan kegiatan ini akan dipusatkan di Novotel. Diharapkan kepada seluruh ASN Pemprov. Kep. Babel untuk menyuksekan kegiatan ini sebagai tuan rumah. Menurutnya, hal ini dapat menjadi kesempatan untuk mempromosikan daerah Babel ke seluruh Indonesia hingga Asia Tenggara, dengan harapan dapat mengembangkankan wisata yang ada di Babel.

Asisten III Setda Prov. Kep. Babel, Darlan juga mengucapkan terima kasih kepada peserta upacara. Walaupun disertai hujan, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Semoga ke depan ASN dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, selaku pelayan masyarakat.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Hasan AM
Fotografer: 
Hasan AM
Editor: 
Listya