Dekranasda Kep. Babel Lakukan Rapat Persiapan Kunjungan Kerja Ketua Dekranas Pusat

PANGKALPINANG - Agenda Kunjungan Kerja Ketua Dekranasda, Wury Ma’ruf Amin ke Kep. Babel sekaligus mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII tahun 2020 pada 26-29 Februari 2020. Pada kesempatan ini, telah disiapkan Ladies Program Kegiatan Dekranasda yang sekaligus memperkenalkan produk-produk unggulan Bangka Belitung dalam rangka kehadiran istri wapres yang sekaligus Ketua Umum Dekranas Pusat. 

Ladies Program memiliki tajuk ‘Peran Dekranasda Dalam Mendorong Indonesia Menjadi Pusat Fesyen (Fashion) Muslim Dunia 2020’. Masih seperti rencana awal, kegiatan dekranas ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari, 26-27 Februari 2020. 

Dalam rapat persiapan pada Selasa (18/2/20), Dekranasda Kep. Bangka Belitung bersama Dinas Perindustrian & Perdagangan serta Dinas Koperasi & UMKM Prov. Kep. Babel di Ruang Rapat Dekranasda Kep. Babel lebih rinci dibahas tentang rangkaian kegiatan yang akan disusun untuk mengisi waktu selama Ketua Dekranas Wury Ma’ruf Amin berada di Babel.

Dalam rapat, dibahas tentang Workshop E-Smart IKM yang akan dibuka langsung oleh Ketua Dekranas Wury Ma’ruf Amin dengan rangkaian pelatihan yang terbagi menjadi dua penanggung jawab. Koordinatornya antara Kementerian Perindustrian RI dan Kementerian Perdagangan RI. 

Kementerian Perindustrian RI sebagai penanggung jawab empat pelatihan, di antaranya:
- Bimtek Desain Pewter (Kerajinan logam khas Babel) dengan jumlah peserta 20 orang berasal dari pengrajin pewter di Babel, bimtek ini dilaksanakan di Museum Timah Indonesia.
- Workshop E-Smart IKM dengan jumlah peserta 200 orang berasal dari para pelaku IKM dan UKM, workshop ini terfokus pada market place online untuk mendorong pemasaran melalui online shop nasional seperti Shopee, beli-beli.com, dan Tokopedia.
- Training Amazone Web Service (AWS) Educate dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang berasal dari perwakilan ASN Disperindag se Prov. Kep. Babel.
- Serta bantuan Alat Kerajinan Pewter.

Sedangkan Kementerian Perdagangan RI sebagai penanggung jawab tiga pelatihan, di antaranya:
- Pelatihan anyaman menjadi sandal hotel dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang dari pengrajin anyaman di Babel.
- Penguatan produk UMKM dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang dari pelaku UKM yang terfokus pada kualitas mutu makanan dan minuman.
- Serta bantuan fasilitas perdagangan untuk empat kabupaten di Babel.

Selain agenda pelatihan, dalam rapat ini dibahas tentang agenda silahturahmi antara ketua umum yang didampingi Pengurus Dekranas Pusat dengan Dekranasda Kep. Bangka Belitung yang diketuai Melati Erzaldi, istri dari Gubernur Kep. Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. 

Ketua Dekranasda, Melati Erzaldi dalam agenda ini akan didampingi oleh Pengurus Dekranasda Prov. Kep. Babel, Ibu-Ibu Forkominda, Ibu-Ibu Ikatan Istri Karyawan Timah, dan Ibu Kepala Bank Indonesia.

“Istri Menteri Perdagangan RI, Istri Menteri Perindustrian RI dan Istri Menteri Dalam Negeri sebagai Ketua Harian Dekranas Pusat, sudah konfirmasi kepastian kehadirannya untuk mendampingi Ketua Dekranas Pusat,” ungkap Pimpinan Rapat, Kepala Disperindag Prov. Kep. Babel. 

Yang tidak kalah menarik dari agenda yang telah disiapkan adalah Fashion Show dan Pameran Produk UMKM khas Babel yang akan disaksikan langsung oleh Ibu Wury Ma’ruf Amin. Dalam fashion show ini setidaknya 25 baju sesuai tema kunjungan kerja ini akan diperagakan. Baju pengantin khas Babel, baju kurung/ kebaya sebagai khas tradisional, cual khas Babel dan kain cual ATBM Sulam, baju kreasi cual desain Yanti Adeni hingga karya Pejuang Batik Babel adalah daftar yang akan mewarnai rangkaian fashion show. 

Dalam agenda pameran, juga diselipkan demo kerajinan oleh para pengrajin Babel, yang juga akan disaksikan oleh Ibu Wury Ma’ruf Amin. Demo kerajinan ini di antaranya cual gedokan, rajutan, membatik, menyulam, melukis tudung saji, dan banyak produk-produk UMKM lainnya yang akan dipamerkan. 

“Beberapa hal harus segera kita pastikan dan terus dikoordinasikan dengan beberapa kementerian terkait,” ungkap Kadis Perindag Prov. Kep. Babel saat menutup rapat sebelum melanjutkan survey lokasi rangkaian kegiatan yang direncanakan akan diselenggarakan di Gale-Gale Resto.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nonadp
Editor: 
Listya