Di Toboali, Fasilitasi KB Muspida Dihibur Marching Band

TOBOALI - Pelaksanaan Fasilitasi Keluarga Berencana Musyawarah Pimpinan Daerah (KB Muspida) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (10/09/2014) dimeriahkan atraksi marching band. Selain itu, sejumlah siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan kelompok rebana ikut ambil bagian di Lingkungan III Komplek Timah Bukit Permai, Toboali.

Puluhan siswa-siswi dari SMP Negeri 1 Toboali yang tergabung dalam marching band Ababil menampilkan sejumlah lagu untuk menghibur para peserta pelayanan Fasilitasi KB Muspida dan masyarakat yang hadir pada kegiatan tersebut.

Sementara siswa PAUD dengan mengibarkan bendera merah putih dan kelompok rebana menyambut kehadiran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Wakil Bupati Bangka Selatan Nursyamsu H Ilyas, bersama rombongan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketua Pelaksana Fasilitasi KB Muspida Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rakhmawaty SE mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya konkrit yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mensukseskan program kependudukan keluarga berencana. Utamanya dalam mendekatkan pelayanan KB kepada keluarga sasaran. Sehingga lebih mudah mendapatkan pelayanan dan penyuluhan KB terutama terhadap keluarga yang berada jauh dari pusat pelayanan statis.

Dirinya berharap kegiatan dengan tema "Melalui Fasilitasi KB Muspida, Kita Upayakan Percepatan Perwujudan Keluarga Kecil, Bahagia dan Sejahtera" ini dapat memberikan inspirasi kepada seluruh keluarga dan komponen masyarakat untuk secara bersama-sama membangun Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera.

"Salah satu aspek pembangunan sumber daya manusia adalah melalui pengendalian jumlah penduduk yang dilandasi dengan meningkatkan kualitasnya," ungkap Rakhmawaty.

Sementara Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi diwakili Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia dan Sosial Kemasyarakatan Hj Syafitri SE MSi mengharapkan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mendukung dan mensukseskan program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga. Sehingga dapat membantu mempercepat tercapainya tujuan pemerintah dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Dirinya juga mengajak setiap keluarga untuk merencanakan keluarga secara baik, mulai dari waktu perkawinan, kehamilan dan kelahiran. Serta memperkuat daya tahan keluarga melalui pembangunan karakter dan lingkungan sesuai dengan potensinya, agar terhindar dari pengaruh luar yang destruktif.

"Setiap keluarga juga hendaknya dapat mencurahkan perhatian terhadap tumbuh kembang putera-puterinya secara mental spiritual, maupun menanamkan akhlak dan budi pekerti yang luhur sehingga putera-puteri kita menjadi anak-anak yang bermoral dan bersikap terpuji," kata Syafitri.

Rangkaian kegiatan Fasilitasi KB Muspida Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kabupaten Bangka Selatan tersebut, meliputi peyuluhan dan pemutaran film, pelayanan KB dan pembagian sembako kepada akseptor KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), Keluarga Pra Sejahtera dan Keluarga Sejahtera I.

Selain itu, dilakukan juga penyerahan OBdgyn Bed dan IUD Kit. Gubernur Babel juga berkesempatan meninjau stand produk daerah, pelayanan KB MOP dan MOW yang berada di eks lapangan sepak bola Bukit Permai. (ism/mels-tim media center)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ismail | Imelda Ginting
Fotografer: 
Imelda Ginting
Editor: 
Ismail