Didit: Kita Jaga Independensi Calon KPID Babel

PANGKALPINANG - Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Didit Srigusjaya menegaskan pihaknya tetap menjaga independensi dalam proses seleksi calon pejabat publik. Penegasan itu dilontarkan Didit di sela-sela proses fit and propertes seleksi penerimaan komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (KPID Babel) di gedung DPRD Babel, Jum'at (19/12/2014).

"Kita ingin menjaga independensinya, ini kan bagian dari proses menentukan calon pejabat publik. Dan saya adalah penangung jawab kegiatan di DPRD sekaligus koordinator Komisi 1," tegas Didit.

Dalam proses tanya jawab, kata Didit, dirinya terlibat langsung bersama seluruh Komisi 1 DPRD Babel. Sedangkan dalam keputusan akhir dirinya menyerahkan sepenuhnya kepada komisi yang membidangi pemerintahan tersebut.

"Untuk penentuan, saya mundur, silakan mereka (Komisi 1) yang menentukan. Hasilnya nanti akan saya rekomendasikan ini kepada gubernur," tambah politisi PDI Perjuangan ini.

Dia juga menegaskan tim fit and propertes tidak akan merekomendasikan peserta yang bermasalah. Hal itu agar KPID sebagai pejabat publik benar-benar diisi oleh orang-orang yang memiliki dedikasi dan bersih dari masalah apapun.

Dalam kegiatan yang berlangsung tertutup di ruang rapat Badan Anggaran DPRD Babel, peserta dibagi secara bertahap. Sesi pertama dimulai sejak pukul 08.30 WIB hingga pukul 11.30 WIB diikuti 10 peserta. Sedangkan sesi kedua diikuti 11 peserta, berlangsung mulai pukul 13.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Sejak pagi, tim fasilitasi Panitia Seleksi Kegiatan Penerimaan Calon Anggota KPID Babel sudah berada di gedung DPRD bersama para peserta. Secara bergiliran, berdasarkan nomor urut ujian, peserta dipanggil memasuki ruangan untuk menjalani proses tanya jawab dengan seluruh tim fit and propertes.

Kepala Bidang Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Jon Saragih didampingi Kepala Seksi Diseminasi Informasi Alfian mengatakan, fit and properstes merupakan rangkaian akhir proses seleksi penerimaan komisioner KPID. Sebelumnya 53 peserta mengikuti seleksi administrasi, tes tertulis hingga psikotes. Dari jumlah tersebut, 21 diantaranya dinyatakan lulus untuk mengikuti fit and propertes.

"Ini proses akhir dari kegiatan penerimaan komisioner KPID Babel. Dari 21 orang peserta, tujuh orang akan dinyatakan lulus menjadi komisioner, dan tujuh nama lainnya adalah cadangan apabila ada komisioner mengundurkan diri. Kita akan diumumkan secara resmi," kata Jon Saragih yang merupakan tim fasilitasi Panitia Seleksi Kegiatan Penerimaan Calon Anggota KPID Babel.

Menjelang pukul 19.00 WIB, seluruh tim baru keluar ruangan dan menyerahkan hasil keputusan fit and propertes. Nama-nama peserta yang lolos menjadi komisioner dapat dilihat di www.babelprov.go.id dan media lokal. (ism/adi t-tim mc)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ismail
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Ismail