Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel Resmi Amankan Arsip Biro Humas dan Protokol

PANGKALPINANG - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (DKPUS Babel) resmi mengamankan sejumlah berkas yang menjadi arsip dari sejumlah kegiatan Biro Humas dan Protokol (BHP) Sekretariat Daerah (Setda) Babel.

Arsip-arsip BHP itu diserahkan secara langsung oleh Mantan Kepala BHP Setda Babel, H.K.A. Cholil kepada Kepala DKPUS Babel, Dr. Asyraf Suryadin melalui Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Statis dan Dinamis DKPUS Babel, Padli, S.IP di bekas Ruangan Kerja BHP Lantai II Kantor Gubernur Kepulauan Babel, Air Itam, Pangkalpinang.

Penyerahan arsip inaktif BHP Setda Babel Rabu (8/7/20) itu, disaksikan sejumlah pelaksana DKPUS dan ekspegawai BHP Setda Babel.

Kabid Pengelolaan Arsip Statis dan Dinamis DKPUS Babel, Padli mengatakan, pengamanan arsip ini sangat penting. Karena, dari sejumlah arsip inaktif tersebut, terdapat sebagian arsip publikasi kegiatan pimpinan (Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Babel) Babel.

"Kami saat ini, hanya mengamankan arsip inaktif terlebih terlebih dulu. Sedangkan arsip aktif (keuangan) tidak. Karena sewaktu-waktu masih dibutuhkan oleh bagian keuangan di mana BHP itu berada, berkenaan dengan pemeriksaan," ujarnya.  

Arsip-arsip dari organisasi yang telah dibubarkan itu, akan ditata di Depo Arsip di DKPUS Babel.

"Perlu diketahui, arsip inaktif adalah arsip yang tidak dipergunakan untuk kepentingan penyelesaian pekerjaan yang sedang berlangsung di unit kerja dan hanya digunakan untuk kepentingan referensi, pengambilan keputusan, bukti hokum, dan alasan lainnya bagi pelaksanaan kegiatan instansi serta dirujuk maksimal 15 kali dalam satu tahun," ungkapnya.

Sebelumnya, Mantan Kepala BHP Setda Babel, H.K.A Cholil mengatakan, meski BHP resmi bubar terhitung pelantikan pejabat pada tanggal 26 Juni 2020 lalu, namun dirinya masih merasa bertanggung jawab atas keamanan berkas-berkas kegiatan BHP sebelum diserahkan dan diamankan kepada DKPUS Babel.

Dari sejumlah berkas kegiatan BHP, khusus berkas keuangan, masih tetap disimpan di gudang dekat BHP, untuk keperluan bagian keuangan yang menaungi BHP.

"Dengan diserahterimakannya berkas-berkas kegiatan BHP yang kini menjadi arsip inaktif kepada DKPUS, tanggung jawab saya selesai. Mudah-mudahan ke depan, semua berjalan lancar tanpa adanya hambatan sedikit pun," ungkapnya.Kepala DKPUS Babel, Dr. Asyraf Suryadin menyampaikan terima kasih kepada H.K.A Cholil selaku Ekskepala BHP Setda Babel, yang telah mengumpulkan dan mengamankan sementara arsip-arsip kegiatan BHP sejak dari berdiri dari tahun 2017 hingga Juni 2020.

Sumber: 
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan
Penulis: 
Aliyah Fitri
Fotografer: 
Aliyah Fitri
Editor: 
Listya