Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Gelar Sosialisasi Program Pendidikan dan Pelatihan Kepustakaan

Pangkalpinang - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bangka Belitung menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Kepustakaan hari ini,  Rabu 20 Maret 2019 bertempat di Hotel Cordela Pangkalpinang.
 
Hadir pada kegiatan ini Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili oleh Drs.  Agus Supriana, selaku Kepala Sub. Bidang Pendidikan dan Kurikulum pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI, Dr.  Ir. Rofiko,  MTP selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bangka Belitung serta seluruh peserta dari perwakilan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten/kota.
 
Profesi kepustakawan merupakan salah satu profesi yang bertugas mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pelayanan informasi di perpustakaan. Hal ini disampaikan oleh Bapak Agus Supriana saat menyampaikan sambutannya hari ini. " Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan menjelaskan bahwa seorang pustakawan harus memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan maupun pelatihan yang mengacu pada standar kompetensi,  perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini serta kebutuhan masyarakat".
 
 Selanjutnya dia mengungkapkan bahwa Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI saat ini terus mengadakan kegiatan peningkatan kompetensi bagi pustakawan di seluruh Indonesia.  Kegiatan pendidikan dan pelatihan tersebut saat ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah pusat saja dapat juga dilakukan di daerah.  Oleh karena itu,  melalui kegiatan ini,  diharapkan pustakawan di Provinsi Bangka Belitung dapat menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Kepustakaan dengan berpedoman pada Kurikulum dan Bahan Ajar Kepustakaan. " Pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan di daerah harus memiliki kurikulum, bahan ajar serta pedoman yang sesuai dengan standar Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI"
 
Hal senada juga diungkapkan Dr.  Ir. Rofiko,MTP saat membuka acara beliau mengungkapkan bahwa saat ini profesi pustakawan dituntut ikut serta mengentaskan kemiskinan melalui peningkatan kecerdasan bangsa melalui pelayanan informasi di perpustakaan. 
" Saat ini kita memiliki sekitar 1611 perpustakaan yang tersebar di seluruh Provinsi Bangka Belitung. Perpustakaan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan pembelajaran bagi seluruh kalangan masyarakat. Keberadaan perpustakaan ini diharapkan dapat berkembang sesuai tuntutan zaman sehingga sumber daya manusia yakni pustakawan harus memiliki memiliki kompetensi."
 
Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pustakawan di Bangka Belitung untuk dapat menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan menggunakan kurikulum,  bahan ajar dan pedoman peningkatan kompetensi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI.
 
 
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imeldarina Ginting
Fotografer: 
Imeldarina Ginting
Editor: 
Fitra