Dinas Kominfo Babel Ajak Milenials Bersama-sama Tangkal Informasi Hoax

Pangkalanbaru – Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengundang para millenial untuk dapat mengenali informasi hoax yang beredar di dunia maya, sehingga dapat bersama-sama menangkal beredarnya berita dan informasi hoax yang semakin menjamur di era modern ini.

Untuk itu dengan melaksanakan kegiatan positif, Dinas Kominfo mengajak peserta, jadi agen perubahan yang tidak menyebarkan hoax, dimana kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Sol Marina dengan menghadirkan nara sumber Dodi pimpinan redaksi dari media Babel Review, Kamis (21/03).

Dalam pengertiannya, hoax adalah informasi yang dimanipulasi, dengan tujuan keuntungan pribadi si pembuat berita tersebut. Dengan adanya hoax, dampak yang ditimbulkan dapat memicu perselisihan, keributan, dan juga menyebarkan kebencian.

Lalu bagaimanakah kita dapat mengenali berita hoax? Dodi mengatakan, biasanya informasi hoax  menggunakan kalimat persuasif dan yang memaksa seperti; sebarkanlah!, viralkanlah!, dan sejenisnya. Kemudian penulisan artikel penuh dengan huruf besar dan tanda seru, juga merujuk kepada kejadian tanpa tanggal dan hari yang jelas seperti; kemarin, dua hari yang lalu, seminggu yang lalu. Dan informasi hoax ini lebih merupakan sebuah opini dari seseorang, bukan merupakan fakta.

Lebih jauh Ia mengingatkan bahwa penyebaran hoax jaman sekarang sangat mudah melalui internet, dimana jalurnya bisa berupa situs online, media sosial, hingga chatting di aplikasi pesan instant.

Agar penyebaran hoax ini dapat dihalau, Dodi berpesan kepada milenials. “Maka dari itu, berita hoax cukup sampai ditangan mu saja, tidak usah disebar.” pesan nya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Fitra