Dinas Pangan Provinsi Distribusikan Bingkisan Pangan ke Dua Desa di Tanjung Pandan

Pangkalpinang - Penyerahan bantuan berupa bingkisan sembako kembali dibagikan Dinas Pangan Provinsi kepada masyarakat di daerah yang dianggap rawan pangan. Kali ini, daerah yang menjadi fokus sasaran adalah Kabupaten Belitung. 50 paket sembako disalurkan di dua wilayah Laskar Pelangi ini diantaranya Desa Badau dan Desa Pegantungan Kecamatan Badau.

Data 50 rumah tangga kurang mampu penerima bantuan didapatkan dari peta ketahanan pangan dan Kerawanan Pangan, BPS, dan kantor desa bersangkutan secara langsung.

Dalam sambutannya di Kantor Desa Badau, Rabu (20/11/2019), Kasi Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Ernawati, mengungkapkan. 
"Walaupun bantuan yang diberikan tidak seberapa, tapi diharapkan dapat bermanfaat bagi Bapak/Ibu penerima bantuan," ujarnya.
"Kami berharap bantuan ini tidak bertambah, melainkan berkurang setiap tahunnya. Baik itu balita stunting, rumah tangga kurang mampu, lansia maupun disabilitas. Mengapa? Karena hal ini menunjukkan berkurangnya wilayah rawan pangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung", tambah Ernawati.

Didampingi Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Eni Sulistiowati beserta tim, rombongan Dinas Pangan Provinsi melanjutkan pemberian bantuan ke Desa Pegantungan Kecamatan Badau. Dalam kunjungan ke Kantor Desa Pegantungan, rombongan disambut oleh Sekdes beserta staf, dan 25 orang Bapak/Ibu penerima bantuan.

Bantuan berupa beras, gula, ikan kaleng, kacang hijau, minyak sayur dan abon sapi sukses dibagikan kepada 50 orang KK di Tanjungpandan. Selain dalam rangka penanganan wilayah rawan pangan, pemberian bantuan ini juga untuk memenuhi kebutuhan pangan bergizi masyarakat Belitung khususnya dan Bangka Belitung umumnya.

"Untuk Kabupaten Belitung, cakupan wilayah rawan pangan tidak besar dibandingkan dengan Kabupaten yang ada di Bangka, Bangka Barat dan Bangka Selatan. Kami berharap, angka rawan pangan di Desa Pegantungan tahun kedepannya dapat semakin berkurang," tutup Ernawati pada saat memberikan sambutan di Kantor Desa Pegantungan Rabu (20/11/2019).

Sumber: 
Dinas Pangan Babel
Penulis: 
Dini