Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Babel Siap Bantu Aripin

GADUNG - Aripin (72 tahun)  tidak mengira kejadian di siang hari tanggal 30 Agustus 2020 menyebabkanya kehilangan rumah akibat konsleting arus pendek, kejadiannya begitu cepat. Hanya dalam waktu 15 menit, dapat membumihanguskan rumahnya yang berukuran ± 8x9 m tersebut. 

Sebanyak tiga unit mobil kebakaran dan reaktivitas warga setempat yang pada akhirnya dapat memadamkan api. Semula diperkirakan apabila api gagal dipadamkan lebih dari 30 menit maka rumah di sebelah Aripin akan ikut terbakar juga dan berpotensi besar membahayakan pemukiman sekitarnya.

Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui dinas sosial pada hari Selasa, (15/9/20) memberikan bantuan bahan bangunan rumah yang diharapkan dapat meringankan beban Aripin. Plt. Kepala Dinas Sosial, Yanuar dalam kesempatan yang sama menyerahkan bantuan secara simbolis. Bantuan ini juga merupakan stimulus bagi investasi sosial. Stimulus investasi sosial dalam perspektif ini merupakan urun tenaga, urun konsentrasi dalam bahu-membahu yang bertujuan agar berdirinya rumah yang akan didiami oleh Aripin.

Investasi sosial ini secara mandiri membentuk jaring kekerabatan di antara warga masyarakat. Karena di sisi lain, Pemprov. Bangka Belitung tidak menyediakan upah dalam bantuan yang diberikan. Baznas Kabupaten Bangka Selatan juga ikut membantu dalam upaya pemulihan. Ardiansyah Lubis selaku Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial mengajak semua pihak untuk dapat berkontribusi.

Sumber: 
Dinsos
Penulis: 
Denny Kamajaya
Fotografer: 
Denny Kamajaya
Editor: 
Listya