Dinkesos dan Tim Gabungan Tertibkan Pusat Hiburan Malam

Mayang – Kesejahteraan sosial masyarakat diharapkan dapat ditingkatkan. Melalui penertiban dan sosialisasi bersama tim gabungan dari beberapa elemen dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bangka Belitung.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serius meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bangka Belitung. ini terbukti dengan penertiban dan sosialisasi yang dilakukan di pusat-pusat hiburan di wilayah  Belitung Timur.(23/10)

Haryoso, Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan di seluruh wilayah tujuh kabupaten kota di Bangka Belitung melibatkan banyak elemen seperti Kepolisian, Polisi Pamong Praja, Dinas Kominfo.

Pekerjaan lintas sektor ini akan melibatkan dinas-dinas terkait seperti Dinas Tenaga kerja, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, Badan Pemberdayaan Perempuan KB dan Perlindungan Anak, Kanwil Agama, Katanya.  

“Penertiban dan sosialisasi ini bermaksud agar usaha-usaha tertib perizinan, tidak memperkerjakan pegawai usia dibawah umur, tidak terjadi penyalahgunaan narkotika dan zat adiktif, memperhatikan kesehatan pegawai, dan memberdayakan pegawai sesuai dengan izin usaha tersebut misalnya cafe, restorant, atau tempat hiburan lainnya”, tegasnya.

Haryoso menyadari bahwa usaha-usaha hiburan ini rata-rata berstatus ilegal, dari 27 tempat hiburan malam hanya enam yang memiliki izin usaha. Sedangkan saat ini Belitung  merupakan destinasi wisata nasional dan internasional seperti  yang sudah dicanangkan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif.

Untuk itu ini bukan hanya pekerjaan rumah dari pemerintah daerah saja, akan tetapi pemilik-pemilik usaha harus ikut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu Haryoso menyinggung peran Kepala Desa sangat berperan kuat dalam hal monitoring usaha-usaha hiburan malam, mendapatkan penghasilan sesuai Upah Minimum Regional (UMR), dan tidak melakukan penyimpangan-penyimpangan.

Guna Hendra Jaya, Kepala Desa Mayang mengungkapkan sejauh ini upaya-upaya sudah sering dilakukan untuk memonitor bersama tim Kecamatan setempat. Akan tetapi belum ada tindaklanjut dari pemerintah daerah untuk melakukan tindakan tegas kepada usaha-usaha tersebut baik yang belum memiliki izin maupun yang izinnya harus diperpanjang.

“ pembinaan seperti ini baiknya dilaksanakan secara berkesinambungan dan ditindaklanjuti agar persoalan-persoalan sosial masyarakat dapat diatasi”, harapnya. (fa/sc)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Fajrina | Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Fajrina