Dinsos Babel Gelar Pertemuan Petugas Pendamping Disabilitas

PANGKALPINANG-- Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) atas inisiasi Kementerian Sosial menggelar Pertemuan Petugas Pendamping Disabilitas Kegiatan Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas pada 12 hingga 14 Maret lalu di Kota Pangkalpinang.

Peserta yang hadir sebanyak 32 orang berasal dari Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dua orang, Dinas Sosial kabupaten/kota sebanyak 13 orang, Petugas Pendamping lima orang, Peksos tiga orang, TKSK satu orang, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) satu orang, Babinkamtibmas dua orang, Bappeda satu orang, PSBL Hijrah Belitung Timur satu orang, Dukcapil satu orang, Dinas Kesehatan satu orang, dan dari lembaga/yayasan satu orang.

Dalam sambutannya H. Aziz Harahad selaku Kadinsos mengemukakan bahwa harus adanya sinergi yang berkelanjutan diantara semua elemen agar penyandang disabilitas dapat lebih diberdayakan dan bersifat simultan bukan hanya musiman atau beradasarkan permintaan melalui CSR-nya.

Narasumber yang dihadirkan dalam pertemuan ini antara lain Nasir, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan fokus bahasan tentang Pelaksanaan Asistensi Sosial Lembaga Kesejateraan Sosial (ASLKS) bagi Penyandang Disabilitas melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial.

Narasumber lainnya adalah Novelia Handayani Fungsional Perencana pada Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial yang membahas materi tentang Program Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Tahun Anggaran 2018. Tema Refleksi penanganan ODGJ disampaikan oleh Titi Purwati Kasi Rehsos Pendis Dinsos Pemrov DKI fokus pada penanganan ODGJ dimana upgrading keterampilan petugas harus ditingkatkan agar para penderita ODGJ bisa kembali diterima di masyarakat dan keluarga.

Narasumber lainnya Irfan Zauhari Kepala Panti PSBL Harapan Sentosa 1 Cengkareng dari Panti PSBL Harapan Sentosa dimana tupoksi panti itu melakukan pembinaan klien psikotik yang terlantar di jalan. Sedangkan narasumber lainnya berasal dari PT. Angkasa Pura, BPJS dan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil, dan Pengendalian Penduduk KB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sri Kusmala Kepala Seksi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas dan Lansia Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selaku Ketua Penyelenggara berharap dalam pertemuan kali ini banyak pengalaman dan ilmu baru yang dapat diaplikasikan oleh peserta dalam mensukseskan program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam penanganan penyandang disabilitas.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Denny Kamajaya (Pranata Humas Dinas Sosial)
Fotografer: 
Denny Kamajaya (Pranata Humas Dinas Sosial)
Editor: 
Irwanto