Disbudpar Babel Gelar Rakor Pariwisata dan Kebudayaan

Pangkalpinang - Dalam rangka mewujudkan perencanaan pariwisata dan kebudayaan yang terpadu, efektif, dan berkelanjutan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bangka Belitung) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Forum Perangkat Daerah Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, di Bangka City Hotel, Kamis (14/2/2019).
 
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung diwakili Kepala Disbudpar Bangka Belitung, Rivai meminta agar seluruh peserta mengikuti rakor dengan sebaik-baiknya.
 
“Rakor Kebudayaan dan pariwisata ini rutin diselenggarakan tiap tahun. Saya minta agar setiap peserta mengikuti rakor ini dengan sungguh-sungguh. Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” sampai Rivai.
 
Rivai mengatakan bahwa hasil rakor berpengaruh pada pengembangan pariwisata dan kebudayaan di Bangka Belitung.
 
“Rakor ini sangat penting, untuk mewujudkan suatu perencanaan pariwisata dan kebudayaan yang terpadu dan efektif. Yang nantinya menjadi acuan mekanisme pelaksanaan program/kegiatan terkait pengembangan kepariwisataan kita,” katanya.
 
Rivai juga menambahkan bahwa pengembangan pariwisata menduduki urutan kedua prioritas pembangunan daerah Bangka Belitung.
 
“Mengapa perencanaan ini begitu penting? Karena ini juga menjadi bekal untuk kita menyiapkan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020. Didalam RKPD tersebut, pengembangan pariwisata nomor 2 dalam prioritas pembangunan daerah Bangka Belitung tahun 2020,” tambahnya.
 
Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Perencanaan, Firmansyah mengatakan terdapat 3 materi terkait yang akan disampaikan dalam rakor.
 
“Kita sudah menyiapkan 3 materi dari masing-masing narasumber. Ada Arah Pembangunan Pariwisata dan Kebudayaan oleh Kadis kita, kemudian Mekanisme Penganggaran oleh Bakeuda, dan Kebijakan Pembangunan Pariwisata oleh Bappeda,” jelas Firman.
 
Rakor dihadiri sekitar 60 peserta yang berasal dari Disbudpar kabupaten/kota di Bangka Belitung dan sejumlah instansi pemerintah terkait lainnya.
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif
Fotografer: 
Ernawati Arif
Editor: 
Fitra