Disbudpar Gelar Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Pariwisata

Pangkalpinang - Salah satu upaya mewujudkan 20 juta wisatawan di tahun 2019, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) menyelenggarakan kegiatan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Pariwisata Dalam Pembangunan Kepariwisataan Daerah, di Hotel Bangka City, Pangkalpinang, Selasa (5/3/2019).
 
Kepala Disbudpar Babel diwakili Kepala Bidang Sumber Daya Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kelembagaan Pariwisata, Darnis Rachmiyati mengatakan bahwa forum tersebut menjadi media komunikasi para pemangku kepentingan dengan pemerintah.
 
“Forum ini bukan hanya sekedar memberikan pengetahuan terkait sertifikasi usaha hotel, tapi juga untuk menjembatani pemangku kepentingan pariwisata, khususnya pengusaha hotel dengan pemerintah,” kata Darnis, saat membuka acara.
 
Darnis mengatakan bahwa kualitas pelayanan hotel memiliki peran yang sangat penting dalam kesuksesan pariwisata.
 
“Target Kementerian Pariwisata, 20 juta wisatawan di tahun 2019. Untuk itu kita harus meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di daerah kita, agar sesuai dengan standar dalam menerima wisatawan” katanya lagi.
 
Komaruddin Latief Yusfeirosyid, Kepala Sub Bagian Penjualan dan Hubungan Pelanggan PT. Sucofindo selaku narasumber menyebutkan 4 bagian penilaian standar usaha hotel.
 
“Ada 4 bagian dalam penilaian standar usaha hotel, yakni unsur standar penilaian usaha hotel, penilaian hotel bintang dan nonbintang, sertifikasi usaha hotel, dan penilaian mandiri,” jelas pria yang disapa Latief ini.
 
Disamping itu, Latief juga menyebutkan beberapa manfaat dari sertifikasi hotel.
 
“Ada beberapa manfaat bagi sebuah hotel, ketika memiliki sertifikasi, dimana hotel tersebut mengikuti peraturan, menjamin kualitas, mendapat pengakuan, klasifikasi bintang, dan juga kepuasan pelanggan,” sebutnya.
 
Forum komunikasi ini diikuti oleh 35 (tiga puluh lima) peserta mewakili masing-masing hotel yang ada di kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
 
Forum diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan tentang Sertifikasi Hotel Menuju Pelayanan Prima oleh masing-masing perwakilan.
 
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ernawati Arif (Pranata Humas Disbudpar Babel)
Fotografer: 
Rafiq Elzan
Editor: 
Fitra