Diskepora Se-Bangka Belitung Sinergikan Program Kerja

SUNGAILIAT - Guna menyinergikan dan menyelaraskan rencana program kerja perangkat daerah, diharapkan terwujudnya peningkatan kualitas pembangunan kepemudaan dan keolahragaan di Bangka Belitung.

Gubernur Kep. Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Prov. Kep. Bangka Belitung, Suharto, menjelaskan kebijakan pembangunan kepemudaan dan keolahragaan menjadi strategi dalam rangka mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Hal ini disampaikan pada hari Selasa (18/02/2020), saat membuka secara resmi Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Diskepora se-Bangka Belitung tahun 2021, di Novilla Boutique Resort, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Dalam meningkatkan kualitas pembentukan  karakter, pembentukan kapasitas dan daya saing pemuda, serta mewujudkan masyarakat yang bugar, sehat, dan berprestasi di bidang olahraga, maka sangat penting dan perlunya kerja sama serta komitmen berbagai pihak.

"Langkah strategis yang mendorong implementasi kebijakan ini perlu disusun, agar seluruh pihak dapat terbuka dalam pelaksanaannya," ungkap Suharto.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, dimulai dari tanggal 18-19 Februari 2020, diikuti sebanyak 60 peserta yang berasal dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga se-Provinsi Kep. Bangka Belitung, organisasi kepemudaan dan olahraga, serta instansi terkait.
 
 
Menurutnya, kegiatan ini sangat tepat dan dapat dijadikan sebagai wadah implementasi dari RPJMD Babel 2017-2022. Berdasarkan RPJMD yang dimaksud, maka pembangunan kepemudaan dan keolahragaan di Babel masuk dalam misi Gubernur Kep. Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, yakni sport tourism.

Ditambahkannya, dengan memadukan kegiatan wisata dengan olahraga, tentunya dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Babel yang memiliki makna memberdayakan masyarakat melalui keterlibatan secara aktif dalam menciptakan kualitas SDM yang kompetitif dan kreatif.

"Tanpa dukungan dan kerja keras semua pihak, maka misi tersebut akan sulit diraih. Semoga acara ini dapat berjalan lancar dan dapat menghasilkan kesepakatan yang memberikan kemajuan bagi pembangunan kepemudaan dan keolahragaan di Bangka belitung," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembudayaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga Diskepora Prov. Kep. Babel, Panji Utama, mengatakan, 
tiga tujuan kegiatan yakni, pertama untuk menyelaraskan program, kegiatan, dan sub kegiatan Perangkat Daerah Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kep. Bangka Belitung dengan usulan program, kegiatan, dan subkegiatan kabupaten/kota.

"Tujuan kedua, untuk mempertajam indikator serta target kinerja program kegiatan dan sub kegiatan," ungkapnya.

Selain itu, yang menjadi tujuan ketiga yakni untuk menyelaraskan program, kegiatan subkegiatan antar perangkat daerah diskepora provinsi dan kabupaten/kota dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergisitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah. 

"Adapun yang menjadi narasumber antara lain, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Prov. Kep. Babel, dan Bappeda Kep. Babel," ungkapnya.

 

Sumber: 
Diskepora
Penulis: 
Adit
Fotografer: 
Adit
Editor: 
Listya