DKPUS Babel Nilai Pengelolaan Kearsipan LKD, OPD, dan Pemdes/Kelurahan se-Babel

PANGKALPINANG - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melaksanakan penilaian lomba untuk Lembaga Kearsipan Daerah (LKD), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pemdes/kelurahan yang ada di kabupaten/kota se-Provinsi Babel.

Penilaian meliputi sejumlah kriteria yang sudah ditetapkan dalam instrumen penilaian dan dimulai sejak tanggal 6-15 Oktober 2020.
Maryana, Kasi Pembinaan Kearsipan mewakili Kepala DKPUS Babel, Asyraf Suryadin mengatakan, ini merupakan kegiatan rutin tahunan DKPUS Babel.

Saat dilakukan penilaian, secara umum, kalau dibanding dengan lomba yang lalu, ada peningkatan dalam pengelolaan kearsipan di desa/kelurahan. 

“Karena ini lomba, mereka yang dilakukan penilaian dan dinyatakan menang akan mendapatkan hadiah. Mereka yang menang akan kita panggil ke DKPUS Provinsi Babel. Pengumumannya kalau tidak ada halangan bulan November mendatang,” ungkapnya.

Khusus Belitung dan Belitung Timur direncanakan penilaiannya dilakukan pada tanggal 3-4 November 2020 mendatang. 

“Tim yang di dalamnya terdapat Arsiparis DKPUS Babel melakukan penilaian secara langsung ke kantor masing-masing yang dinilai. Seperti pada Selasa (13/10/2020), tim melakukan penilaian ke DKPUS Kota Pangkalpinang, Kecamatan Gabek dan Kecamatan Jerambah Gantung, Kota Pangkalpinang. Sebelumnya tim sudah melakukan penilaian ke Kabupaten Bangka Selatan dan Bangka,” ungkap Kasi Pembinaan Kearsipan, Maryana.

Yang menjadi penilaian meliputi pengurusan arsip, pengelolaan arsip inaktif, arsip statis LKD, penyusutan arsip, jenis-jenis arsip nonsurat, serta pemberkasan arsip aktif.

Pada saat penilaian, para arsiparis tetap menyarankan untuk melengkapi kekurangan pada dokumen yang di periksa atau dinilai.

Sumber: 
DKPUS
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
Listya