DPPKAD SKPD dengan Kearsipan Terbaik

Pangkalpinang—DPPKAD Provinsi kepulauan Bangka Belitung  menerima penghargaan sebagai juara I lomba kearsipan SKPD se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Keplauan Bangka Belitung Tahun 2015. kegiatan ini sendiri dalam rangka mendorong tertib administrasi Perpustakaan dan Arsip dan peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah melakukan penilaian terhadap pengelolaan kearsipan DPPKAD pada selasa 17 November 2015 lalu.
 
Sedangkan untuk Juara kedua lomba pengelolaan kearsipan ini di raih oleh RSJD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan untuk juara ketiga diraih oleh Sekretariat Dewan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
 
Kasubbag Umum DPPKAD Okta Alamsya bersyukur atas diterimanya penghargaan ini, ini merupakan kebanggaan dan motivasi kami untuk lebih baik lagi dalam pengelolaan arsip di Dinas PPKAD ini ujarnya. Sulistyo Hudi selaku arsiparis di DPPKAD juga turut bergembira dengan diterimanya penghargaan ini, dan berharap agar lebih dapat bersinergi dengan staf di masing-masing bidang di DPPKAD ini agar kedepannya dapat lebih baik lagi dalam mengelola kearsipan di DPPKAD.
 
Yang menjadi kriteria penilaian yaitu pengurusan Surat menyurat berupa registrasi, pemberkasan arsip aktif, pemberkasan arsip inaktif. selain itu yang menjadi penilaian lain diantaranya adalah sudah mengelola jenis arsip SKPD Non Surat yaitu arsip kepegawaian/personil pegawai, arsip aset/ daftar arsip, arsip produk hukum, arsip kegiatan yang menggunakan APBN/APBD yang sudah inaktif, serta kreatifitas dalam pengelolaan arsip.
 
Namun penilaian dengan bobot persentase lebih besar yaitu pada penilaian pemberkasan arsip aktif sebesar 40%. Penilaian ini meliputi penyimpanan surat masuk dan keluar menyatu dalam map gantung/folder sesuai kode klasifikasi, ada daftar arsip aktif yang mencantumkan lokasi simpan arsip, map gantung disusun dalam filling cabinet, surat dapat ditemukan kembali dalam waktu maksimal 5 menit.
 
Dengan adanya event ini diharapkan menjadi pemacu semangat bagi SKPD lainnya di lingkungan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk mengelola kearsipan lebih baik lagi ke depannya. 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Lisia Ayu A
Fotografer: 
Adinda C