Dua Provinsi Piloting Penerapan PPRG Tingkat Desa, Bangka Belitung Salah Satunya

PANGKALPINANG -- Dua provinsi terpilih sebagai piloting penerapan PPRG di tingkat desa yakni, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Gorontalo. Dua provinsi ini diharapkan dapat membuat penganggaran responsif gender di tingkat desa, sehingga kesetaraan dan keadilan gender dapat terwujud.

Program Manajer Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO) Agus Salim menjelaskan, Kementerian PPPA sedang membuat modul cara mengintegrasikan isu gender di dalam perencanaan desa. Harapannya dua provinsi ini dapat mempraktekan modul tersebut.

"Modul ini diterapkan, lalu kita perbaiki lagi. Nanti bisa didistrbusikan ke daerah lain," kata Agus Salim saat Pelatihan Fasilitator Pelaksanaan Perencanaan dan Penganggaran Respons Gender (PPRG) di Tingkat Desa, di Swiss-Belhotel, Pangkalpinang, Selasa (11/12/2018).

Dijadwalkan kegiatan selama tiga hari terhitung, Selasa (11/12) hingga Kamis (13/12). Sebanyak 60 peserta dari dinas, badan di lingkungan Pemprov Babel mengikuti kegiatan tersebut. Terdapat juga pengurus APDESI, perwakilan pemerintahan desa, pendamping lokal desa, CSO/lembaga masyarakat serta perguruan tinggi.

"Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipilih sebagai piloting dalam rangka menerapkan PPRG di level desa. Sehingga pengelolaan pembangunan menjadi responsif gender," tegas Agus Salim.

Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Susanti mengatakan, pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi dan pemahaman peserta mengenai pentingnya perencanaan penganggaran responsif gender di tingkat desa.

"Sehingga kesetaraan dan keadilan gender dapat diwujudkan dan diimplementasikan mulai dari kelompok masyarakat di pelosok daerah. Karena merekalah kelompok yang harus merasakan manfaat dan dampak pembangunan,” jelas Susanti 

Sementara saat membuka kegiatan, Kabid KUKM dan Ekonomi Kreatif Bidang Ekonomi Kementerian PPPA RI, Annisa mengatakan, kegiatan ini bagian tanggung jawab Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, khususnya  Deputi Kesetaraan Gender.

"Kita ingin memastikan pelaksanaan pengarusutamaan gender di Bangka Belitung. Diharapkan nanti Bangka Belitung dapat menjadi tempat orang belajar terkait PPRG,” jelas Annisa.

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
Tasya Eliani
Fotografer: 
Tasya Eliani
Editor: 
Huzari