DUKUNG INDONESIA SATU DATA, DP3ACSKB BABEL GELAR BIMTEK SIGA

PANGKALPINANG--Untuk melihat kesenjangan gender secara konkrit diperlukan pengumpulan dan pengolahan data yang akurat.

Untuk itulah Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA) Angkatan II di Hotel Santika Selasa (12/11/2019).

Dalam sambutannya Kepala DP3ACSKB Babel Susanti mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Pelatihan SIGA Angkatan I.

"Selain itu juga agar peserta dapat lebih memahami aturan dan dasar hukum hingga teknis penginputan bahkan hingga pengelolaan data di aplikasi SIGA ini", harapnya. 

Susanti menegaskan bahwa kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap proyek besar pemerintah untuk menjadikan Indonesia Satu Data dan Babel Satu Data.

"Membangun data memanglah mahal, namun membangun tanpa data akan jauh lebih mahal,  karena ini akan membuat pembangunan menjadi tak tepat sasaran, inilah pentingnya data terutama data gender dan anak", terang Susanti

Ketepatan data, ketepatan data dan ketersediaan data sangatlah penting dalam mendiagnosa suatu permasalahan dan upaya menemukan solusinya.

"Saya berharap melalui kegiatan ini bisa tersusun Sistem Informasi Gender dan Anak sehingga dapat digunakan sebagai bahan dalam penyusunan perencanaan pembangunan dan dimanfaatkan smeaksimal mungkin oleh pihak yang berkepentingan" tutupnya.

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
Lisya Ayu
Fotografer: 
Syaifudin/Yan Hadi