DUKUNG SEDIAAN DATA GENDER DAN ANAK, DP3ACSKB BABEL GELAR PELATIHAN SIGA

PANGKALPINANG-- Perkembangan teknologi saat ini sangat luas dimanfaatkan salah satunya untuk sediaan data terpilah mengenai gender dan anak dengan menggunakan Sistem Informasi Gender dan Anak (SIGA).

Untuk mendukung hal itu, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan Pelatihan SIGA dan Rakortek Pengelolaan Data Perencanaan Minggu (13/10/2019) di Hotel Cordela Pangkalpinang.

Acara yang mengundang kurang lebih 27 peserta dari bidang perencanaan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten/Kota se Bangka Belitung ini akan berlangsung selama tiga hari sejak 13 hingga 15 Oktober 2019.

Dalam sambutannya, Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mewakili Gubernur Bangka Belitung mengatakan bahwa orang-orang yang berada di bidang perencanaan ini adalah orang-orang yang hebat yang harus bisa bermimpi dan berspekulasi namun tetap menggunakan data.

"Data terpilah gender dan anak dapat digunakan sebagai informasi dalam proses pengambilan keputusan pimpinan,  proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program terkait  pengarusutamaan gender dan perlindungan anak", terangnya.

Susanti menuturkan bahwa SIGA ini juga bisa menjadi sarana yang menjembatani pengumpulan data gender dan anak dari daerah ke pusat secara berkelanjutan.

"Dengan adanya SIGA ini diharapkan data dan informasi yang tersaji secara online bisa diakses dan dimanfaatkan oleh semua pihak", jelasnya.

Kedepannya Susanti berharap agar pelatihan ini tak hanya mengundang perwakilan perencanaan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten/Kota saja, namun juga perwakilan dari perencanaan dari OPD lain yang terkait dengan pelaksanaan pengarusutamaan gender.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI serta narasumber dari BAPPEDA dan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sumber: 
DP3ACSKB Babel
Penulis: 
Lisya Ayu