E-Government Strategi Meningkatkan Pelayanan Publik

Pangkalpinang – E-Government menjadi salah satu upaya meningkatkan mutu pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi. Untuk mendukung upaya tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengratiskan pembuatan website bagi seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah provinsi.

Hal tersebut dipaparkan Noviar Ishak Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat coffee morning, di lantai III, kantor Gubernur, Senin (8/8/2016). Ia menambahkan, dengan infrastruktur yang ada sekarang, sudah bisa memberikan layanan penyediaan hosting untuk pemda se Bangka Belitung, sekolah serta organisasi sosial.

Lebih jauh ia mengatakan, semua itu diberikan secara gratis, termasuk menyediakan template website, sehingga pengguna fokus mengelola konten website. Selain melayani jaringan koneksi antar SKPD, Diskominfo juga mempunyai jaringan Voice over Internet Protocol (VoIP) yakni, interaksi tatap muka berbasis video berupa teleconference yang sudah ada di SKPD masing-masing.

“Fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan kepala dinas untuk berkomunikasi tanpa harus bertemu. Fasilitas telepon ini cukup canggih dengan adanya camera dan penguatan jaringan wifi terbuka di tempat-tempat tertentu di lingkungan pemerintah provinsi,” jelasnya.

Tak hanya itu, Noviar menyarankan agar kepala SKPD membuat email menggunakan dengan domain go.id. Sehingga email tersebut tidak mudah dibajak pihak yang tidak bertanggung jawab. Diharapkan ke depan seluruh SKPD dapat menerapkan sistem administrasi perkantoran Maya (siMaya). Jika telah menggunakan sistem ini, tidak lagi direpotkan dengan alat tulis kantor seperti kertas.

Persoalan pegawai penyandang jabatan fungsional tertentu seperti jabatan fungsional Pranata Humas dan Pranata Komputer juga menjadi pembahasan. Ia menekankan agar pegawai tersebut ditempatkan sesuai bidangnya. Sehingga mempermudah melakukan pengumpulan angka kredit. Terkait persoalan ini, Diskominfo bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Daerah gencar melakukan sosialisasi.

“Sosialisasi tentang fungsi dan peran Pranata Humas dan Pranata Komputer, kita lakukan di tujuh kabupaten/kota. Sebab sekarang ini Diskominfo telah menjadi tim penilai untuk kedua jabatan tersebut. Terdapat 83 Pranata Komputer dan 36 Pranata Humas tersebar di masing-masing SKPD. Diskominfo mempunyai sebelas Pranata Humas,” paparnya.

Pranata Humas membantu Diskominfo melakukan diseminasi informasi melalui media cetak, media elektronik dan media daring seperti babelprov.go.id. Menurutnya, Pranata Humas tersebut telah menjalankan fungsi kehumasan dengan membuka layanan publikasi permintaan peliputan oleh tim babelprov.go.id, kegiatan media center seperti talkshow, penyampaian program melalui In Radio.

"Bagi SKPD yang belum memiliki Pranata Humas dapat mengirim surat ke Diskominfo untuk permintaan peliputan kegiatan. Jika sudah ada pegawai yang menyandang jabatan Pranata Humas, tinggal mengirimkan berita ke milis kami," ungkapnya.

Sumber: 
Diskominfo Babel
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra