E-Monep Memudahkan Setiap SKPD

PANGKALPINANG - Pelaksanaan Bimbingan Teknsi (Bimtek) Aplikasi Elektronik Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan menggunakan system elektronik (e-Monep) yang diikuti perwakilan 42 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dengan penyelenggara Biro Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Pemprov Babel, Jumat (27/11/2015) berakhir.

Dari Serangkaian kegiatan dari mulai pengenalan sistem, pengimputan data, sampai kegiatan output pelaporan dari sistem e-Monep ini telah dipelajari. Banyak sekali manfaat yang didapat dari penggunaan sistem aplikasi berbasis web programming ini.

“E-Monep akan memberikan kemudahan setiap SKPD dalam memantau kegiatan, mengevaluasi kegiatan dan juga membuat laporan berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan tanpa harus membuatnya lagi. Karena sistem ini telah menyediakan format pelaporannya secara otomatis berdasarkan kegaiatan yang ada dimasing-masing SKPD,” kata Kepala Biro Pembangunan Setda Pemprov Babel, Ir. Hj. Elfiyena kepada Tim BKD Online.

Menurut Elfieyena, kendala pada Bimtek ini, adalah dari SDM beberapa SKPD yang cukup keteteran dalam proses penginputan data awal memasukkan setiap kegiatan yang ada di SKPD-nya masing-masing.

Diakui Elfiyena, input e-Monep ini hanya proses awalnya agak berat, tetapi setelah itu jika inputan data kegiatannya selesai dan bagus sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditentukan, maka kedepannya akan memudahkan sekali dalam hal pekerjaan evaluasi, monitoring dan pelaporan capaian-capaian target kegiatan yang sangat sesuai dengan fungsi dari sistem ini.

Anggota Tim Pengendalian Pembangunan Pemerintah Provinsi Gorontalo dan mitranya dari PT. Gomeds Net disela-sela kegiatan input data oleh perwakilan SKPD Pemprov Babel
kepada Tim BKD Online sangat apresiatif dengan Bimtek ini, karena setiap SDM dari setiap SKPD berusaha mencoba mengimplementasikan langsung setiap butir kegiatan yang dimasukkan datanya untuk Bimtek ini di SKPD-nya masing-masing ke dalam sistem e-Monep sampai selesai.

Dengan berakhir dan suksesnya Bimtek e-Monep ini, rencananya aplikasi e-Monep akan didemokan dihadapan Gubernur dan Pejabat Struktural Eselon I dan II di Lingkungan Pemprov Babel pada tanggal 30 November 2015. Demo ini juga akan dihadiri pejabat dari Pemprov Gorontalo yaitu Sekretaris Daerah Pemprov Gorontalo, Kepala Biro Pembangunan Pemprov Gorontalo, Kepala Kominfo Pemprov Gorontalo dan Kepala Bappeda Pemprov Gorontalo. (ws/ah/BKD Babel).

Sumber: 
BKD Babel
Penulis: 
ws/ah/BKD Babel