Eko Suprastyo Gantikan Alm Lizar

Pangkalpinang – Eko Suprastyo dipercaya menggantikan Lizar (alm) sebagai anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Peresmian dan pengucapan sumpah/janji pergantian antar waktu (PAW) anggota DPRD asal Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut, digelar dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Senin/23/03).

Sebagaimana diketahui, Lizar merupakan anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari PAN. Lizar meninggal dunia pada Sabtu 13 Desember 2014 lalu, saat melaksanakan tugas di Jakarta.

Didit Srigusjaya Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud dari pelaksanaan konstitusi dan merupakan salah satu pelaksanaan asas kedaulatan rakyat di daerah. Dilantiknya Eko Suprastyo dalam rangka mengisi kekosongan anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari PAN.

"Partai Amanat Nasional telah menyampaikan nama calon pengganti berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 161.19-528 tanggal 11 Maret 2015 dan menetapkan H Eko Suprastyo, SE dari Partai Amanat Nasional Dapil 1 Kota Pangkalpinang sebagai Pengganti Antar Waktu Almarhum Lizar, SE," kata Didit.

Sementara Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, jika ada anggota dewan perwakilan rakyat yang meninggal, wajib hukumnya mengisi kekosongan jabatan tersebut. Pelaksanaan proses pergantian sesuai dengan aturan yang berlaku.

Berangkat dari persoalan ini, Gubernur mengharapkan terdapat peningkatan tatanan pemerintahan yang baik. Untuk itu, eksekutif bersama-sama dengan DPRD perlu meningkatkan peran masing-masing. EKsekutif dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, dan DPRD pun harus bisa menjalankan kebijakan kontrol terhadap jalannya pemerintahan.

“Guna meningkatkan tatanan pemerintahan yang lebih baik, harus ada keseimbangan antara eksekutif dan DPRD,” tegas Gubernur.

Menyikapi mengenai pelaksanaan pilkada di empat kabupaten di Bangka Belitung, Gubernur mengajak seluruh masyarakat untuk bisa menjaga stabilitas dan menciptakan kondisi kondusif, terutama saat pelaksanaan pilkada nantinya. Masyarakat hendaknya bisa menciptakan dan menjaga stabilitas.

“Suasana kondusif juga dapat mendatangkan lapangan pekerjaan, sehingga dengan terbukanya lapangan pekerjaaan baru bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Negeri Serumpun Sebalai yang kita cintai ini,” harapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Chandra
Fotografer: 
Reni
Editor: 
Huzari