Emas Diving Club Transplantasi Terumbu Karang

Sungailiat – Kerusakan terumbu karang di perairan laut Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meresahkan pencinta alam laut, khususnya pecinta terumbu karang. Untuk menjaga ekosistem laut, Emas Diving Club (EDC) Bangka Belitung melakukan transplantasi terumbu karang, Minggu 20 April 2014.

Kegiatan transplantasi tersebut berada di kedalaman lima meter, peraian laut Bangka pada kordinat S.01’47’42.2” – E.106’06’47.3. Transplantasi terumbu karang ini dipelopori EDC Bangka Belitung dengan melibatkan tenaga ahli dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Scuba School International (SSI) serta diikti 12 negara peserta.

Sakinawa Ketua Emas Diving Club (EDC) Bangka Belitung menjelaskan, tujuan transplantasi untuk menjaga lingkungan terumbu karang dari ancaman penambangan. “Akhir-akhir ini, penambangan yang beroperasi tidak memperhatikan aset wisata bahari,” ujar Sakinawa, Senin (5/5/2014).

Dengan adanya kegiatan transplantasi terumbu karang, harap Sakinawa, dapat mengembangkan dan menjaga tapak wisata bahari. Selain itu dapat menggugah masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap indah, khususnya lingkungan terumbu karang laut.

“Kegiatan ini didanai peserta transplantasi dan donatur dengan tujuan menjaga lingkungan terumbu karang dari ancaman penambangan timah di laut,” tegasnya.

Tak hanya itu, jelasnya, kegiatan ini juga diharapkan bisa menarik wisatawan baik domestik maupun manca negara. Pelaksanaan transplantasi terumbu karang yang melibatkan 12 negara ini dihadiri 156 peserta. Pencinta terumbu karang menebarkan sebanyak 248 pot terumbu karang.

“Jumlah pot terumbu karang yang ditebarkan disesuaikan dengan hari jadi Kota Sungailiat yang ke 248,” jelas Sakinawa.(cdr)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rizky
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Rizky