Enam Implikasi Kebijakan Pembangunan

Pangkalan Baru- Sharief Natanagara Deputi Penanggulangan Kemiskinan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengemukakan ada enam implikasi terhadap kebijakan pembangunan manusia, enam implikasi kebijakan itu terdiri dari pertama pembangunan yang proaktif, kedua pemanfaatan pasar-pasar global, ketiga inovasi kebijakan social, keempat momentum yang berkelanjutan, kelima disain baru untuk era baru, yang terakhir menurutnya yaitu institusi baru, mekanisme baru.

“Negara Pembangunan yang proaktif menurut Sharief yaitu mempunyai komitmen jangka panjang untuk pembangunan manusia, secara aktif mempromosikan penciptaan lapangan pekerjaan, selalu meningkatkan investasi public untuk kesehatan dan pendidikan, serta selalu membina kapasitas industrial”.ujarnya saat menjadi nara sumber pada acara Workshop Penentuan Tema PHDR Provinsi kepulauan Bangka Belitung,  selasa (7/5/2013) di Hotel Aston PangkalanBaru Bangka Tengah.

Sedangkan tiga pemanfataan pasar global menurutnya adalah investasi manusia untuk memanfaatkan dengan baik kesempatan untuk perdangangan, kedua investasi infrastruktur untuk memfasilitasi akses terhadap pasar, terakhir yaitu ekspansi ke pasar yang non tradisonal.

Empat inovasi kebijakan social, Negara Turkey melalui pelayanan kesehatan untuk semua orang dan mentargetkan yang miskin, sedangkan Negara Brazil melalui ekspansi akses pendidikan dengan mengimbangkan pendanaan antar daerah dan antar kota, Negara Mexico melalui pengentasan kemiskinan melalui program cash transfer yang inovatif, sedangkan Negara india memperluas jangkauan keuntungan pembangunan kepada masyarakat kunci yang lebih luas untuk mempercepat kemajuan.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa ada empat Prioritas untuk era baru, yaitu pertama peningkatan kekuatan ekonomi harus diimbangi dengan komitmen yang utuh untuk pembangunan manusia, kedua yaitu Negara-negara yang sedang berkembang dapat belajar dan memperoleh keuntungan dari kesuksesan ekonomi yang sedang berkembang (emerging), sedangkan yang terakhir yaitu dalam dunia yang lebih terhubung Negara-negara selatan akan terus membutuhkan Negara-negara utara dan sekarang utara juga akan membutuhkan selatan,jelasnya.

“kemajuan jangka panjang dalam tiga dimensi utama pembangunan manusia, kehidupan yang panjang dan sehat, akses untuk mendapatkan pengetahuan dan standar penghidupan yang layak”ungkapnya. (adit)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adit