Enam Orang Peserta Calon Dirut PT Jamkrida Lakukan Tes Wawancara

PANGKALPINANG – Sebanyak enam orang Calon Direktur Utama PT Jamkrida Babel yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, pada hari Kamis (11/6/20) kembali mengikuti seleksi wawancara pengisian jabatan Direktur Utama PT Jamkrida Bangka Belitung Tahun 2020 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Ruang Tanjung Pesona Kantor Gubernur Kepulauan Babel.

Panitia seleksi wawancara calon dirut jamkrida terdiri dari, kepala bappeda, kepala bakuda, kepala biro ekonomi, Manager Kepala Unit Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UBB.

Pada hakikatnya, tujuan didirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) adalah untuk memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah yang menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan/atau jasa yang bermutu bagi pemenuhan hajat hidup masyarakat sesuai kondisi, karakteristik, dan potensi daerah yang bersangkutan berdasarkan tata kelola perusahaan yang baik.

“Dalam mengelola suatu BUMD harus diisi tenaga yang profesional dalam pengembangan usaha perusahaan dengan melakukan investasi, inovasi, dan terobosan bisnis yang dapat mendatangkan profit bagi perusahaan,” ujar Wakil Gubernur Abdul Fatah dalam sambutannya.

Dalam seleksi calon dirut jamkrida, peran pemda hanya sebatas mengusulkan nama–nama hasil seleksi di tingkat daerah, sedangkan yang menentukan layak atau tidaknya para kandidat untuk menduduki Direktur Utama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jamkrida Bangka Belitung pada periode lima tahun ke depan adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sesuai dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 01/pojk/06./2017 serta Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 17/seojk.05/2019.

Pada kesempatan yang sama, disampaikan oleh Plt. Kepala Biro Ekonomi Prov Kep Bangka Belitung, Ahmad Yani Pemprov Babel telah membuka seleksi calon Dirut PT Jamkrida sejak 2-3 bulan lalu. Kriteria yang dicari mengacu kepada permendagri yang mengatur tentang BUMD.

“Calon dirut yang dicari yang memahami risk manajemen, memahami tentang penjaminan, bisa membuka pertumbuhan ekonomi dan celah-celah ekonomi baru di tengah Covid-19 seperti ini, yang memiliki leadership bagus, serta komitmen yang kuat dan dapat bekerja sama baik terhadap pemerintah dan legislatif,” ungkapnya.

Berikut adalah nama-nama calon Dirut Jamkrida yang melaksanakan tes wawancara:
1. Efriansyah
2. Syainuddin
3. Rinto
4. Beny Wintarso
5. Indra Zuardi
6. Indra Sumantri.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Saktio
Editor: 
Listya