Enam Satpol PP Babel Lulus Uji Kompetensi Nasional

PANGKALPINANG - Sebanyak enam orang anggota Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung lulus uji kompetensi Satpol PP Nasional dalam Rangka Penyesuaian (Inpassing) Jabatan Fungsional Polisi Pamong Praja. Uji kompetensi ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri di Hotel Acacia Jakarta pada 13-14 Maret lalu.

Turut mendampingi para peserta uji kompetensi dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu Yamowa Harefa selaku Kasat Pol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Ardianto Kepala Bidang Peningkatan Personil Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Dari dua puluh peserta yang mendaftar, hanya enam orang yang lulus semua rangkaian tes," ujar Ardianto saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat sore (16/3).

Adapun rangkaian tes yang harus dilalui oleh peserta uji kompetensi adalah tes administrasi, tes tertulis, dan wawancara. Dalam tes tertulis ada enam puluh soal pilihan berganda mengenai tugas dan fungsi Satpol PP. Ini merupakan ujian untuk mengukur tingkat pengetahuan paling mendasar tentang Satpol PP.

Tes wawancara pada hari kedua ditandai dengan pengujian portfolio yang sudah dibuat oleh masing-masing peserta. Portofolio dibuat sesuai dengan jenjang jabatan masing-masing, apakah ahli atau terampil.

"Sebanyak 20 asessor dari BPSDM terlibat sebagai penguji dalam tes wawancara," kata Ardianto.

Uji kompetensi merupakan prasyarat untuk pengangkatan ke dalam jabatan fungsional polisi pamong praja. Pengujian yang dilakukan memiliki standarisasi tersendiri untuk menjaga kualitas kompetensi Satpol PP. Semua komponen diberdayakan sehingga Satpol PP mempunyai legalitas yang kuat dalam pelaksanaan tupoksi di lapangan.

Satpol PP merupakan salah satu jabatan fungsional yang menjanjikan. Tunjangan jabatannya pun sudah diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 102 Tahun 2017 tentang Tunjangan Jabatan Fungsional Polisi Pamong Praja yang diundangkan tanggal 22 November 2017.

Lebih lanjut Ardianto menjelaskan akan ada uji kompetensi Satpol PP di Bangka Belitung. Kegiatan yang direncanakan akan diadakan pada Juli 2018 ini berasal dari dana Dekon. Tim penguji yang hadir nanti pun adalah tim yang sama dengan tim pada uji kompetensi di Jakarta.

"Satpol PP di kabupaten/kota harus intens berkoordinasi. Kita akan upayakan bersama agar seluruh anggota Satpol PP yang ingin impassing dapat terakomodir semua dalam serangkaian kegiatan uji kompetensi sepanjang tahun ini baik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ataupun pada tiga periode uji kompetensi mendatang di Jakarta," pungkas Ardianto.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rusmini (Pramas Satpol PP)
Fotografer: 
Satpol PP Babel
Editor: 
Irwanto