Festival SAIK 2019, Menyeimbangkan Smartphone dengan Smart Generation

PANGKALPINANG -- Festival SAIK 2019 diharapkan dapat menjadi momentum bagi masyarakat Bangka Belitung untuk lebih pandai memilih konten positif ketika berselancar di jejaring internet dan media sosial. Pasalnya pengguna smartphone merupakan bagian dari smart generation.

Abdul Fatah Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, festival SAIK dapat memberikan motivasi bagi kaum muda untuk mengerti teknologi, terutama teknologi komunikasi. Sehingga ke depan bisa membangun teknologi baru di Bangka Belitung.

"Anak siswa jadikan momen ini untuk belajar. Sebab teknologi merupakan modal yang harus dimiliki," pesan Wagub Abdul Fatah saat kegiatan SAIK di Alun-Alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Kamis (23/10/2019).

Sementara Widodo Muktiyo Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengharapkan generasi muda bisa menyemarakkan kegiatan SAIK ini. Agar kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat Bangka Belitung.

Komunitas dan informasi tidak bisa dilepaskan. Ia menambahkan, kolaborasi komunikasi untuk memperkuat kedaulatan bangsa. Komunikasi teknologi harus punya bermanfaat bagi bangsa dan generasi muda untuk menjadi orang yang cerdas.

Generasi cerdas sudah seharusnya bisa memilih informasi. Menurutnya, smartphone untuk kepentingan belajar menuntut ilmu. Hati-hati menggunakan smartphone, sebab sekali menulis salah di media sosial akan menjadi catatan dalam jejak digital.

"Jejak digital dapat dilihat ketika ingin mencari kerja nanti. Oleh karenanya, gunakan smartphone dengan bertanggung jawab, ingat dengan waktu. Semarakkan festival ini untuk menjadi masyarakat maju dan sejahtera," harapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari