Forum Komunikasi Meminimalisir Kesalahan Administrasi

Pangkalpinang – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk meminimalisir terjadi kesalahan pengelolaan keuangan negara. Salah satu upaya tersebut yakni dengan membentuk forum komunikasi antar lembaga. Tujuannya agar mempercepat pencapaian tujuan kemajuan guna mengurangi berbagai hambatan administratif serta permasalahan.

Rustam Effendi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung berharap, forum koordinasi komunikasi bersama ini dapat menjadi wadah koordinasi komunikasi pemerintah provinsi, kabupaten/kota dengan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Forum ini hendaknya dapat mempercepat pertukaran data, peraturan bimbingan teknis, sosialisasi narasumber dan informasi  lainnya terkait pengelolaan keuangan di daerah.

“Forum ini juga dapat menjadi tempat melakukan analisis kajian ekonomi regional  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” jelasnya saat Rapat Koordinasi dan Penandatangan MoU antara Pemerintah Provinsi Kabupaten/Kota dengan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Lantai III Kantor Gubernur, Selasa (6/5/2014).

Selain itu, jelasnya, dibentuknya forum komunikasi ini agar dapat mempercepat pencapaian tujuan kemajuan untuk mengurangi berbagai hambatan administratif serta permasalahan yang terjadi selama ini.

Hal senada dikatakan Rakop, Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ia menjelaskan, saat ini Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan telah diberikan peran oleh kementeriaan keuangan sebagai representasi kementerian keuangan di daerah. Pelaksanaan peran, tugas dan fungsi tersebut akan banyak bersinggungan dengan tugas dan fungsi yang ada di provinsi, kabupaten/kota, terutama berkaitan pengelolaan keuangan negara maupun pengelolaan keuangan daerah.

Beberapa tugas forum komunikasi antara lain, tegasnya, melakukan bimbingan teknis pengelolaan keuangan daerah, pembinaan pengelolaan kas daerah, pembinaan manajemen investasi daerah, monitoring serta evaluasi transfer dana daerah dan pelaksanaan anggaran keuangan daerah, konsolidasi laporan keuangan pusat dan laporan keuangan daerah, penyusunan statistik keuangan pemerintah tingkat wilayah.

Tak hanya itu, forum ini juga dapat berfungsi sebagai ajang konsultasi berbagai hal  terkait pengelolaan keuangan negara maupun daerah, terutama dari sisi pengelolaan dan pertanggungjawaban. Ia berharap, adanya forum komunikasi ini dapat menjadi salah satu solusi pengelolaan keuangan daerah. Anggota forum komunikasi ini terdiri dari pejabat di pemerintahan se Bangka Belitung dan Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Masing-masing anggota melaksanakan tugas sesuai surat keputusan bersama tentang pembentukan forum komunikasi. Forum ini juga melaksanakan rapat secara rutin dan teknis setiap triwulanan dan melaksanakan rapat di luar rapat rutin sesuai kebutuhan,” katanya.(an/adt)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Adi Tri Saputra | Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Huzari