Gaya Hidup Sehat Cegah Kanker Usus Besar

PANGKALPINANG - Kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti. Penyakit ini banyak dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat.
 
Hal ini dikemukakan oleh Kadis Kesehatan Mulyono saat membuka acara Seminar Awam Deteksi Dini Kanker Usus Besar yang mengusung tema " Cegah Kanker Usus Besar Sejak Dini " Aku Mau Dan Aku Bisa" hari ini Jumat (3/4) di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.
 
" Kanker usus besar ini sangat besar kaitannya  gaya hidup. Kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, kurang olahraga, berat badan yang tidak ideal serta kurangnya asupan sayur dan buah" kata Mulyono
 
Lebih jauh lagi Prof. Murdani Abdullah menyampaikan bahwa pertumbuhan kanker ini sebenarnya tidak muncul secara spontan. Oleh karena itu banyak penderita yang tidak menyadarinya sehingga diperlukan pengetahuan deteksi dini terhadap kanker jenis ini. 
 
" Kanker usus besar ini merupakan jenis kanker yang tertinggi setelah kanker payudara dan paru. Kanker usus besar pada laki-laki lazim di sebut dengan kanker prostat.  
 
Gejala awal kanker usus ini sebenarnya dapat dideteksi sedini mungkin yakni timbul gejala seperti nyeri pada perut,  anemia,  badan terasa lemah dan cepat letih,  terjadi perubahan pola buang air besar,  perubahan warna pada feses,  serta mengalami punurunan berat badan " ujarnya " kata Prof.  Murdani Abdullah.
 
 Lebih jauh lagi Direktur RS. Soekarno, Dr. Armayani mengungkapkan bahwa penderita kanker usus masih enggan untuk berobat ke rumah sakit. Padahal  penderita perlu mengetahui gejala awal kanker ini. 
 
“ Beberapa bulan terakhir ini, kita melakukan screening terhadap 30 orang yang dicurigai terdapat 22 orang positif terkena kanker usus besar. Dan kita juga temukan kasus yang mengalami kanker usus di bagian kanan dan agak sulit penanganannya. Itu nanti harus dioperasi “ ujarnya.
 
Hadir pada kegiatan ini Melati Erzaldi Rosman,  narasumber lain yakni Dr. Desi Haryani dan Dr.Wulyo dari RSUPN Dr.  Cipto Mangunkusumo serta peserta yang berasal dari perwakilan setiap instansi di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  pelajar serta perwakilan dari masyarakat Babel.
 
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imeldarina Ginting
Fotografer: 
Imeldarina Ginting
Editor: 
Fitra