Gerakan Bersih Laut Membawa Berkah

Beltim – Gerakan Sadar Bersih Laut ternyata tak hanya berdampak terhadap kelestarian lingkungan. Pasalnya kegiatan ini juga membawa berkah bagi pedagang di sekitar Pantai Nyiur Melambai, Desa Lalang, Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Banyaknya peserta membeli dagangan membuat terjadi peningkatan omset.

Eko pedagang makanan kecil di Pantai Nyiur melambai mengatakan, wisatawan yang berkunjung masih sangat sedikit, kalaupun ada hanya dari kalangan masyarakat. Sedangkan wisatawan dari luar daerah berdatangan pada hari-hari tertentu, misalnya pada saat musim liburan.

"Pedagang di sini biasanya berjualan mulai sore, kecuali hari Sabtu, Minggu dan hari libur,” jelasnya, Sabtu (13/6/2015).

Pemerintah sudah mulai membenahi area pantai, taman, tempat bermain dan fasilitas toilet. Tak hanya itu, Eko juga bersyukur akses jalan menuju pantai sudah bagus. Namun memang kondisi pantai masih banyak sampah, apalagi setelah hari libur.

“Hendaknya pemerintah lebih banyak menggelar kegiatan seperti ini untuk memajukan objek wisata pantai,” harapnya.

Sebagaimana diketahui, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Manggar menuju Pantai Nyiur Melambai. Pantai ini merupakan wilayah Desa Lalang, Kecamatan Manggar, dan penduduk desa tersebut sebagai besar bekerja sebagai nelayan.

Keberadaan Pantai Nyiur Melambai diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat setempat. Untuk itu, pembangunan sektor pariwisata harus berkelanjutan dan tidak terlepas dari partisipasi aktif pihak swasta dan masyarakat. Sebab masyarakat merupakan pelaku wisata yang bersentuhan langsung dengan wisatawan.

Talafuddin Sekda Pemerintah Kabupaten Belitung Timur mengatakan, pemerintah saat ini berpacu bersama masyarakat dan pihak terkait dalam memajukan sektor wisata di Beltim. Secara bertahap akan mengadakan kegiatan-kegiatan wisata di tempat wisata.

“Pelaksanaan kegiatan akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Beltim. Sedangkan untuk sarana dan prasarana akan lebih ditingkatkan," ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Imelda Ginting
Fotografer: 
Imelda Ginting
Editor: 
Huzari