Gerakan Pramuka Babel Bantu Penanggulangan Covid-19


PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman bertindak sebagai pembina upacara dalam Peringatan Hari Pramuka tahun 2020 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung, yang diselenggarakan di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (14/8/20).

Peserta upacara berasal dari perwakilan anggota pramuka dari kabupaten/kota serta anggota Kwarda Kepulauan Bangka Belitung, "Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara", menjadi tema peringatan gerakan pramuka tahun ini.

Rangkaian acara peringatan gerakan praja muda karana (Pramuka) tidak hanya upacara saja, tahun ini pengukuhan majelis pembimbing satuan karya dan pimpinan satuan karya tingkat daerah terhadap 11 satuan karya juga dilaksanakan dan diadakan sebelum pelaksanaan upacara.

Dalam kesempatan ini juga diberikan penghargaan berdasarkan Keputusan Ketua Kwartir Nasional Nomor 78 tahun 2020 tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Melati dan Keputusan Ketua Kwartir Nasional Nomor 78 Tahun 2020 tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Darma Bakti.

Gubernur Erzaldi dalam amanat upacara menyampaikan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseno.

Dalam sambutannya, gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan nonformal, untuk lingkungan keluarga dan masyarakat, serta pendidikan formal di institusi-institusi pendidikan formal.

Sejak wabah Covid-19 melanda Indonesia, gerakan pramuka juga mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya seperti pembentukan Satgas Penanggulangan Bencana dan Covid-19 mulai dari tingkat kwartir nasional hingga kwartir ranting se-Indonesia.

“Gerakan pramuka dapat semakin berkembang untuk menjadi bagian penting dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang adil dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," ungkap Gubernur Erzaldi.

Dalam laporan Ketua Kwarda Babel Melati Erzaldi, Kwarda Babel sendiri terus membangun komitmen dan sikap kepedulian anggota gerakan pramuka untuk perduli terhadap sesama dan lingkungannya.

“Marilah kita jalankan tugas ini dengan penuh tanggung jawab, ikhlas, tulus untuk generasi muda kita, untuk anak-anak kita, untuk masa depan membanggakan,” ungkap Kakwarda Melati.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona dp
Fotografer: 
Umar
Editor: 
Listya