GMT Jadi Momen Publikasi Potensi Lokal

Belitung – Sahani Saleh Bupati Belitung optimis persiapan menyambut fenomena alam gerhana matahari total (GMT) sudah 90 persen. Titik-titik pantau dianggap strategis akan dikembangkan sebagai destinasi wisata dengan membangun monumen sejarah dengan dituliskan tempat ini pernah  menjadi titik pantau moment GMT. Peran masyarakat dibutuhkan mendukung momentum ini.

"Sampai saat ini persiapan sudah 90 persen, tinggal finising saja. Nantinya saya bersama BMKG akan melakukan pemantauan terhadap titik titik yang dianggap strategis. Momen GMT  diharapkan dapat menonjolkan produk UMKM melalui kegiatan pameran,” ungkap Sahani saat membuka Pameran Produk KUMKM, di Pantai Tanjung Kelayang, Minggu, (6/3/2016).

Menyinggung mengenai persiapan menyambut Presiden RI dan 14 menteri yang rencanannya akan datang ke Belitung, ia menjelaskan, telah dijadwalkan. Presiden berada di Pantai Tanjung Kelayang selama gerhana matahari. Sedangkan mengenai peningkatan wisata melalui Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) akan diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko widodo tanggal 9 Maret nanti.

Sahani meminta agar masyarakat tidak terprovokasi terhadap isu-isu yang menyebutkan pemerintah dianggap menyengsarakan masyarakat. Kucuran dana dari pusat sebanyak Rp18 triliun merupakan aksi nyata dari program KEK. Dana tersebut akan dialokasikan untuk peningkatan infrastruktur, pembangunan bandara internasional, jalan dan penyediaan tenaga listrik.

"Saya meminta masyarakat jangan mudah terprovokasi. Dana KEK memang ada sebanyak Rp18 triliun. Pengembangan dilakukan secara maraton, dipastikan ke depan akan menarik investor untuk memajukan perkembangan sektor pariwisata," papar Sahani.

Pameran UMKM digelar selama empat hari terhitung tanggal 6 hingga 9 Maret 2016. Stand dibuka pukul 10.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Pantauan babelprov.go.id, saat ini kondisi di Pantai Tanjung Kelayang telah ramai dikunjungi masyarakat. Beberapa stasiun televisi nasional telah melakukan laporan langsung dari tempat ini.

Adnizar Kepala Dinas Koperasi dan Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Belitung mengatakan, pameran UMKM merupakan rangkaian acara memeriahkan momen GMT. Sebanyak 40 stand turut memeriahkan pameran ini dengan rincian 30 stand UMKM dan sepuluh stand kuliner.

“Terdapat beberapa produk UMKM seperti anyaman, makanan oleh-oleh khas Belitung, kaos dan termasuk stand batik khas Belitung,” jelasnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi
Editor: 
Huzari | Adi Tri Saputra