Gubernur:  Kepala SKPD Harus Pantau Penyerapan Anggaran

Pangkalpinang - Realisasi penyerapan anggaran menjadi indikator kinerja pada setiap SKPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hal itu disampaikan oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi saat coffee morning dengan seluruh kepala SKPD dan pejabat Esselon III di Lantai 3 Kantor Gubernur, Senin (02/11/2015).
 
Rustam Effendi meminta agar kepala SKPD selalu memantau kinerja SKPD masing-masing dalam realisasi penyeraan anggaran dan selalu berkomunikasi dengan Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara berjenjang, dari kepala SKPD, Assisten, Sekda dan terakhir Gubernur untuk mengatasi hambatan yang ada, sehingga dapat diselesaikan bersama.
 
Selain itu, keharmonisan antar kepala SKPD harus dijalin dengan baik, dan disarankan kedepannya kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menggunakan media sosial seperti Whats App untuk koordinasi secara langsung antar masing masing SKPD dan memantau apa yang dilakukan untuk mengatasi permasalah yang ada.
 
Elviana, Kepala Biro Pembangunan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah membentuk Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA), yang tugasnya antara lain memfasilitasi penyelesaian terhadap hambatan-hambatan yang terjadi dalam realisasi anggaran dan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah (Pasal 2 Keppres Nomor 20 Tahun 2015).
 
"TEPRA akan memberikan solusi dengan Sekda dan Assisten agar pemasalahan dapat diselesaikan, tidak berlarut-laut sampai akhir tahun," ungkapnya.
 
Adapun tujuan dari TEPRA  adalah untuk mengoptimalisasi penyerapan anggaran, agar SKPD dapat bekerja seawal mungkin, pekerjan yg tidak bisa dilaksanakan dapat terlihat diawal, sehingga jika ada hal yg blm bisa dilaksanakan dapat dilakukan penyesuaian pada saat  anggaran perubahan.
 
Elviana menghimbau agar kepala SKPD segera  menyiapkan draf untuk penunjukan PPK dan PPTK di masing-masing kegiatan TA 2016. "Agar pada saat  DPA Tahun 2016 telah diterbitkan, SKPD dapat langsung bekerja, dan anggaran dapat cepat terserap," ungkapnya.
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Nona Dian Pratiwi