Gubernur : 2019, Laporan Keuangan Harus Lebih Baik

Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman meminta kepada seluruh Kepala Sekolah maupun guru yang bertanggung jawab laporan keuangan harus lebih baik lagi di tahun 2019 ini. Sebab, menurutnya pelaporan keuangan yang paling lambat adalah dari OPD Pendidikan. Hal ini dikatakannya saat Pengarahan Terkait Penatausahaan Keuangan Bidang Pendidikan (Sekolah) dan Perangkat Daerah Terkait di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Kamis (2/5/2019).
 
Erzaldi menghimbau kepada seluruh kepala sekolah di Provinsi Bangka Belitung untuk segera merapikan hal-hal yang terkait dalam laporan keuangan. Selain itu para guru juga dihimbau agar dapat meningkatkan kinerjanya.
 
" Pelaporan keuangan yang paling lambat adalah OPD Pendidikan, jadi  laporan apapun terkait dana pendidikan harus dirapikan semua. Bila perlu di cek berulang-ulang sehingga permasalahan yang ada tidak terulang kembali. Tingkat kan juga kinerjanya, " tegas Erzaldi.
 
Selain itu Erzaldi menghimbau agar seluruh OPD dan instansi pendidikan terkait untuk terus menjaga komunikasi yang baik. Menurutnya, kurang nya komunikasi ini justru dapat menyebabkan kekeliruan dalam pelaporan keuangan. Ia juga menegaskan kepada semua guru dan kepala sekolah untuk tidak takut terhadap pemeriksaan yang dilakukan BPK. Sebab, BPK ini berfungsi bukan untuk mencari kesalahan melainkan memperbaiki hal-hal yang dianggap keliru dalam pelaporan keuangan.
 
" Ini adalah pemeriksaan rutin setiap tahun. Jadi jangan takut dengan BPK. Mereka bukan mencari kesalahan kita, tapi justru memperbaiki hal-hal yang keliru dalam pelaporan keuangan kita, " ujarnya.
 
Saat ini Erzaldi mengatakan bahwa bendahara atau guru yang bertanggung jawab dengan laporan keuangan akan terus dilatih dan ditingkatkan kemampuannya. Untuk itu, Ia menegaskan laporan keuangan harus segera dibuat, jangan ditunda-tunda. 2019 harus lebih baik.
 
 
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari
Editor: 
Fitra